Header Ads

Tips dan Cara membersihkan layar laptop


Debu, kotoran aneh, dan bekas sidik jari (karena laptop penulis pernah disentuh-sentuh layarnya oleh teman) pada monitor bukanlah sesuatu yang dapat benar-benar merusak setiap aspek keindahan dari laptop. Karena setiap hari kita menggunakan laptop, tentu kita jarang sekali memandang masalah yang satu ini, kalian sering mengetik, nonton video, membiarkan laptopnya menyala terus hanya sekedar mendengar musik. Tapi kalau kalian main game FPS selalu miss shot, saatnya membersihkan layar laptop kalian.


Kalian mungkin akan berpikir bahwa membersihkan laptop itu mudah (begitu juga dengan penulis), lihat gambar diatas kan? kalian benar, tapi proses untuk melakukannya adalah tahap yang bikin kalian keringat dingin daripada hanya sekedar mengelap layar menggunakan baju kalian - atau lebih parahnya menggunakan tisu (bercanda), tidak se-susah itu kok, berikut saran penulis, mana yang seharusnya dilakukan dan tidak boleh dilakukan:

Bagaimana supaya tidak merusak monitor

Pertama-tama, mari kita berbicara tentang apa yang tidak boleh dilakukan sama sekali

Hindari cairan korosif, artinya cairan ini tidak ada unsur alkholnya (seperti alkohol gosok yang diencerkan atau biasa disebut Windex), Pembersih ini dapat merusak layar dengan mengupas lapisan anti-reflektif, menyebabkan kekeruhan, atau lebih buruk lagi. ini juga bisa menimpa monitor layar cembung seperti layar CRT lama, yang artinya cairan seperti ini lebih sensitive

Selanjutnya, berhati-hati terhadap apa yang kalian gunakan untuk mengelap layar. Tisu adalah pilihan yang bagus, tapi kalau dilihat dari segi microscopicnya, sangat abrasive, apalagi menggunakan air, sisa-sisa tisu tertinggal dilayar, apalagi menggunakan kain atau lap-lap disekitar kalian, kalau di sela-selanya ada pasir, metal atau apapun itu, bisa membuat layar kalian lecet dalam sekali lap.

Dan yang terakhr, jangan pernah coba-coba menyemprotkan air pembersih layar langsung ke layar laptop, apalagi cairan yang disemprot banyak sekali, sekali semprot, cairan akan turun kebawah dengan cepat karena sangat licinya permukaan LCD, menyebabkan risiko cairan masuk ke sudut-sudut layar, lalu merembes melalui titik-titik kecil yang sensitif atau lemah yang mana akan menimbulkan malapetaka tersendiri bagi kalian.

Bagaimana cara membersihkan layar yang baik?

Tetap berpedoman dengan larangan diatas, mari kita bersihkan layarnya, Membersihkan layar laptop tidak memerlukan banyak peralatan khusus, cukup kain mikrofiber yang agak lembap. kenapa Microfiber? kalau dilihat lebih detail melalui penglihatan Microscopic, Microfiber itu bahannya sanga halus, dan dapat menyedot debu bahkan membersihkan oli sekalipun,dan tentu saja, yang menjadi nilai plus dari microfiber ini adalah tidak merusak layar kalian, penulis menyarankan untuk memilih kain ini atau yang ini, bahkan Beberapa toko juga menjual produk khusus satu paket membersihkan LCD laptop seperti ini dan ini.

Pastikan bahwa laptop kalian tidak tersambung ke sumber listrik dan dalam keadaan mati (penulis tidak ingin hal lebih parah terjadi), pastikan dahulu kain yang digunakan bersih ya, lalu dengan sedikit air atau cairan khusus lebih bagus lagi, basahi kainnya jangan terlalu banyak, sedikit tapi jangan sedikit banget, ingat ya, jangan semprot layarnya langsung! (ingat point ketiga yang dilarang diatas) lalu peras bila perlu, lalu perlahan-lahan gunakan kain tersebut untuk menyeka noda yang menempel, lap seluruh permukaan monitor dengan hati-hati ya.

Cobalah untuk menghindari gerakan melingkar atau menggosok satu titik tertentu. Sebaliknya, gunakan tekanan ringan dan gerakan menyapu lebar dari sisi ke sisi atau dari atas ke bawah. Ini mungkin tampak sepele, tetapi sekali lagi ini adalah barang elektronik yang sensitif.

Lakukan lah pembersihan secara berkala, minimal 1 kali seminggu


No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.