Header Ads

[FULL GUIDE] Software/Aplikasi yang kalian butuhkan saat pertama kali memiliki Komputer atau Laptop


Baru punya Komputer atau "Laptop Gaming"? Perangkat seperti ini tidak hanya cukup diinstall Windows saja walaupun rasanya enteng dan normal2 saja saat pertama kali digunakan, tetapi membutuhkan aplikasi yang dapat menunjang aktivitas kita saat menggunakan perangkat ini, yang paling sering kita dengar biasanya kita harus menginstall seperti aplikasi Google Chrome , Office dan Steam (Menurut penulis sangat wajib diinstall).


Ada banyak program aplikasi diluar sana yang bisa dijalankan dikomputer kalian, dan banyak cara juga untuk mendapatkannya, untung saja, ada software bernama Ninite, software ini akan membantu kalian, software/aplikasi mana saja yang dibutuhkan oleh komputer kalian. Ingat, jangan terlalu lama membiarkan komputer kalian diinstall system operasinya tanpa aplikasi penunjang aktivitas ini.

Penulis akan menuntun kalian untuk memfungsikan software ini, tidak terlalu rumit, software ini sangat user-friendly, jadi menurut penulis, kalian akan lancar-lancar saja mengoperasikan software ini

Halaman Antarmuka web Ninite

Ninite: Software pintar untuk kalangan newbie

Ini yang penulis suka, Ninite ini memuat Installer yang user-friendly sesuai dengan aplikasi yang ingin kalian pilih di halaman webnya(tenang saja, installer ini aman, bebas dari tawaran-tawaran install ini lah, itu lah, dan lain-lain) jadi tinggal next next next (kata-kata seperti guru TKJ penulis dulu).

Penulis ada tips nih, kalau kalian punya komputer spek tinggi alias gaming, coba untuk mengunjungi ninite.com/pcgamer, disitu Ninite telah mempacking software yang cocok untuk komputer gaming kalian (semua softwarenya gratis!) tinggal centang saja mana yang kalian inginkan lalu klik "Get Your Ninite".

Artikelnya terlalu pendek

Maaf, penulis ngiklannya terlalu lama, tapi itu bukan iklan, itu hanya cara yang cepat agar kalian tidak bingung dengan situasi seperti ini. Software berikut hanyalah rekomendasi, ada yang tidak wajib diinstall juga, jika kalian ada saran lain? beritahu penulis dikolom komentar ya!

Software yang diinstall tidak jauh dari kategori sebagai berikut:


Penjelajah Web



Kalian membutuhkan ini untuk browsing, internetan dan sebagainya, penulis menyarankan kalian install Web Browser yang sering kita jumpai atau mudah digunakan (plus enteng dijalankan) Seperti Google Chrome (mudah dikenal), atau yang lainnya? Kalian bisa install Opera atau Firefox, tapi kalau perangkat kalian terinstall Windows 10, Microsoft Edge saja sudah cukup.


Keamanan

Jangan menyepelekan yang satu ini, kategori software seperti ini sudah wajib harus ada di perangkat-perangkat saat ini, penulis menyarankan untuk menginstall software antivirus yang ampuh dan gratis, pilihan penulis kali ini adalah Avira, atau bisa cek di artikel sebelumnya untuk rekomendasi lainnya dari penulis.

Komunikasi

Kalian akan membutuhkan software ini, penulis punya banyak saran dan berbagai alasan kenapa penulis menyarankannya disini.

Skype - Aplikasi chatting yang memberikan fitur Video call bersama dan pesan text (chat) gratis, kalian bisa memanfaatkan ini untuk berkomunikasi dengan keluarga, rekan kerja, teman, atau siapapun itu 

WhatsApp - Aplikasi sejuta umat, aplikasi ini tersedia di Android, iPhone, Windows Phone. selain mengunjungi web.whatsapp.com, Kalian juga bisa memasangnya diplatform seperti Windows atau Mac, jika sering menggunakanya di HP, sudah dipastikan kalian bisa menggunakannya

Discord - Gamer Rise up! Discord telah menemani Penulis selama bertahun-tahun untuk urusan chatting di platform PC (Chatting saja?) tentu tidak, Discord memiliki fitur Voice Chat realtime, sehingga bisa berkomunikasi langsung saat sedang melakukan aktivitas seperti bermain game, masak, tidur, dan lain-lain. Dan aplikasi ini harus ada di PC Gaming kalian ya! (gak harus gaming kok, main PUBG Mobile sambil menjalankan discord di HP cepat panas, coba untuk manfaatkan laptop kalian ini)


Pembuka Berkas

Sering sekali kita menjumpai file yang dikompresi dengan extensi rar atau zip kan?

WinRAR - wajib ada

7-Zip - Wajib ada juga (gratis dan enteng, bahkan tidak pernah "mewek" meminta kalian untuk membayar software seperti ini, tidak seperti eeehhhh)

Di windows 8 keatas, file ber-eksensi ZIP bisa dibuka langsung tanpa memerlukan kedua software diatas, keren bukan?.

Pemutar Media

Suka nonton anime? nonton di HP kurang puas? ingin Anime atau Musik favorit diputar di komputer atau laptop?

VLC - Aplikasi ini bisa memainkan jenis media apapun, entah itu Video dan Musik dengan berbagai jenis variasi codec apapun, jika tidak bisa dimainkan di VLC? Penulis juga ada rekomendasi lainnya dibawa.

iTunes - (Opsional) iTunes di Windows itu aneh, tapi jika kalian berencana mengelola iPhone kalian dengan PC, ini adalah opsi satu-satunya

foobar2000 - (Opsional) Foobar2000 adalah software media player yang bisa dikustomisasikan tampilan playernya, dan juga enteng. Bagus untuk memainkan media yang memiliki codec FLAC atau memainkan file rusak/yang ukurannya setengah-setengah.

Spotify - (Opsional) jika kalian berlangganan Spotify, penulis rasa kalian harus wajib memilikinya. Tidak bisa memainkan video tetapi bisa meng-import musik dari komputer/laptop.

Di Windows 10 atau Linux (Distro tertentu), sudah ada aplikasi yang dapat melakukan itu semua, tidak perlu menginstall software diatas (kecuali Spotify bila memang diharuskan).

Runtimes

Apa itu runtimes? Suatu saat, kalian pasti butuh ini untuk keperluan lain, seperti Java, .Net Framework, Silrverlight, Adobe Air, Shockwave, dan lain-lain. Agar pada saat nanti, software tinggal dijalankan tanpa perlu menyuruh kalian menginstall itu semua (istilahnya tidak bawel dikemudian hari)


Online Storage

Penyimpanan awan, virtual "hardisk", Flashdisk Internet, atau apapun itu, pasti kalian butuh wadah untuk menempatkan file penting dan mengaksesnya dari berbagai perangkat, penulis menyarankan:

Google Drive - bisa diinstall di PC tanpa perlu mengaksesnya di browser (capek, perlu mengetik dulu kan?)

Dropbox - Jika kalian ada akunnya, kalian bisa mendownloadnya, sama halnya seperti Google Drive.

Developer Tools

Software untuk developer atau anak kampus jurusan IT, kalian tidak wajib menginstallnya diperangkat baru kalian, tapi suatu saat dibutuhkan untuk membuat program-program seperti C++, HTML, dan lain-lain. (Tugas. . . .), penulis merekomendasikan Notepad++.

Utilites (Maintenance)

Saat ini Komputer kalian memang sangat enteng dan terasa "bersih", tapi tidak selamanya begitu. Kalian butuh CCleaner, atau Windirstat.

Di Windows 10, banyak sekali software seperti ini di Microsoft Store, "Total PC Cleaner" adalah software cleaner yang sampai saat ini digunakan penulis.

Perkantoran/Office

Banyak sekali pilihannya, kalian membutuhkan software kategori ini untuk keperluan membuat dan membuka dokumen seperti Word, spreadsheet, file presentasi, PDF, dan lain-lain. berikut pilihan penulis yang gratis-gratis saja ya?

Foxit Reader - jika kalian hanya melihat PDF saja dan tidak meng-editnya, Foxit Reader sangat cocok, jika ingin mengobrak-abrik isi PDF dengan tools yang powerful coba Adobe Acrobat

WPS Office - Bekerja dengan PC tidak mungkin jauh dari aktivitas membuat makalah untuk diprint, membuat tabel-tabel belanja, dan presentasi, WPS Office sangat cocok, ingin yang lebih bagus? Microsoft Office sangat menjadi idola saat ini (dan tentunya tidak gratis)

Lainnya

Steam - saatnya bermain Game!

Sepertinya belum cukup?

Seharusnya cukup, apa jangan-jangan PC atau Laptop kalian Fresh Install? Ya, kalian membutuhkan software yang harus didahulukan seperti:

Software Driver

Ada beberapa yang dibutuhkan, dan banyak diantaranya adalah plug and play seperti Keyboard, Bluetooth, USB Dongle, dan masih banyak lagi, ada juga yang tidak seperti Driver VGA, LAN Card/WLAN, dan Mouse

Apapun mouse yang kalian gunakan, entah itu Gaming atau biasa, pasti ada software didalamnya, biasanya plug and play, software driver tersebut untuk memfungsikan tombol-tombol di mouse, mengatur DPI, dan lain-lain. Jika kalian punya laptop, kalian perlu mendownload drivernya supaya dapat memfungsikan penuh mousepad, tidak hanya untuk menggerakan mouse, klik kanan dan klik kiri saja, ada banyak fungsinya, seperti scrolling dan lain. Bagaimana dengan Komputer? tentu saja tidak ada mousepadnya, tapi mouse jenis macro bisa dikonfigurasi sesuai keiinginan, kalian bisa searching di Google atau Penulis akan membuat artikelnya.

Test kemampuan driver mouse


Bonus Rekomendasi

Bonus disini adalah favorit penulis dan juga software yang mungkin bermanfaat untuk kalian (penulis akan melakukan update untuk daftar software ini).

Gifcam


Software pembuat gambar bergerak GIF favorit penulis (lumayan untuk membuat meme), gratis, dan tidak berat. Tugas software ini adalah membuat gambar bergerak di area layar mana saja, edit frame-by-frame, dan menambahkan efek. Kualitas dan ukurannya juga sangat bagus dan kecil, kalian bisa upload hasil karya gif kalian ke website seperti Gfycat atau 1cak. Selain Gifcam? disini banyak.


MSI Afterburner

Afterburner adalah software yang sangat hebat, software ini bisa melakukan overclocking GPU, Memory, CPU dan membuat game yang kalian jalankan tidak lag dan berjalan lancar. Software bawaan dari Motherboard biasanya menyediakan fitur overclocking seperti ini, tapi saat ini banyak software pihak ketiga bisa melakukan itu. Kalian bisa coba software ini kalau game kalian lag di perangkat dengan spesifikasi yang tinggi. Sebenarnya masih banyak software seperti ini, tapi tugasnya adalah mempercepat performa game sesuai keiinginan kita seperti Game Booster.


Oh iya, kalian bisa mengambil Screenshot dengan software itu semua.


Download MSI Afterburner.




f.lux


Ya, software ini dapat membuat layar kalian kelihatan seperti warna agak ke-orenan, dan aneh. Tapi jangan berpikiran seperti itu, kembali kepada fungsi software ini, bayangkan kalian bekerja dengan komputer atau laptop malam-malam dan menatap terus layar monitor kalian tanpa aplikasi "yang membuat kualitas hidup kalian menjadi baik", f.lux adalah software yang cocok dengan jenis tersebut. f.lux otomatis akan mengatur suhu warna monitor kalian menjadi enak dipandang saat malam hari. Kita memanggilnya mode malam, mode cahaya malam, night mode, apapun itu. Sudah banyak OS yang membuat fitur seperti yang dilakukan aplikasi f.lux ini, di Windows, Linux, dan Apple, mereka memberi nama fitur ini tidak jauh dari kata-kata "Night".

jika OS kalian memang benar-benar tidak menyediakan fitur ini? f.lux bisa didapatkan disini,

Motherboard utilities

Jika kalian membeli laptop atau prebuilt PC, biasanya didalam perangkat tersebut sudah diinstall software-software basic dan driver seperti network adapter, soundcard, dll. Tapi ada Software tertentu untuk jenis motherboard tertentu yang membiarkan kalian untuk mengatur memorinya, atau melakukan overclock. Bahkan untuk melakukan update software motherboard tidak harus booting ke BIOSnya Motherboard, di Windowsnya saja sudah cukup bahkan di UEFI juga bisa. jika kalian punya tools/software seperti ini, PC kalian akan menjadi kelihatan bagus dan mudah untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan system motherboard


Ada saran atau tambahan? Penulis mengharapkan masukan dan memasukannya kedalam daftar disini. Selamat menikmati Komputer/Laptop baru kalian!.


No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.