Header Ads

Software Anti Virus Terbaik Pilihan Penulis

TODO alt text

Tentu semua orang tidak ingin mengeluarkan sepeser uang-pun untuk membayar software antivirus, apalagi bagi kalian pengguna PC yang mengetahui bahwa proteksi untuk komputer itu adalah penting, kebanyakan orang seperti ini adalah yang panik akan keadaan diinternet saat ini (karena lagi gencar-gencarnya ransomware WannaCry) atau seseorang atau teman pasti pernah berkata bahwa jika komputer terkena virus, akan menyebabkan komputer rusak. Kalian berada dibaris pertahanan paling kokoh "kalau" kalian menghindari website yang sangat menyebalkan (seperti memunculkan banyak iklan/ads disebuah website), menggunakan password yang berbeda untuk akun website yang berbeda, dan selalu berhati-hati dalam meng-klik link yang ada pada email dan di chat/pesan, kalian bisa aman jika tanpa antivirus dan melakukan tindakan itu semua. Perlu diingatkan, "bisa jadi" tidak aman.

Nah, internet adalah tempat yang paling berbahaya bagi kalian yang suka berselancar diinternet hanya sekedar searching dan baca-baca (atau kalian yang suka mencari game bajakan), biasanya pada saat bermain internet, tidak lepas yang namanya "malware", malware bisa muncul dengan metode background task, yang artinya tidak terlihat tapi secara tak sadar ada jendela website yang muncul, padahal kalian tidak membuka macam-macam selain apa yang kalian klik. Pada beberapa kasus, biasanya terjadi tanpa kita sadari, tetapi kita bisa ketahui tanda-tanda seperti ini, misalkan: performa loading browsernya yang lambat, popup yang muncul secara random alias acak, atau muncul jendela tiba-tiba yang mengarahkan kalian ke website judi atau mendownload aplikasi yang aneh dan gak jelas, dan ini semua adalah perbuatan malware yang sekarang lebih dikenal dengan nama ransomware.

Jika kalian mempunyai file yang berukuran kecil dan ragu tentang "apakah ini virus atau bukan yak?", setidaknya, solusi penulis adalah menggunakan website VirusTotal---yang sekarang menjadi milik Google. Kenapa VirusTotal? dikarenakan mereka menggunakan mesin antivirus ter-ampuh untuk men-scan file yang kalian pilih. Yang kalian hanya lakukan adalah pilih filenya, dan booom!, biarkan VirusTotal bekerja dan memberikan laporan tentang file yang kalian pilih, mudah dan simple. Perlu diingatkan, kita tahu VirusTotal itu gratis, tetapi ada limit ukuran yang bisa discan dan antivirus ini tidak seperti apa yang bisa dilakukan aplikasi antivirus yang terpasang dikomputer pada umumnya, jika ingin yang benar-benar scan dan ingin perlindungan penuh, kalian harus tetap berpegang teguh terhadap metode perlindungan "tradisional" (Install antivirus).

Seberapa "dinding" proteksi yang dibutuhkan untuk terlindungi dari antivirus? itu terserah kalian. Tetapi, ada berita bagus bahwa ada banyak beberapa pilihan diluar sana. Seperti yang biasa kalian ketahui, ada salah satu antivirus terbaik dimuka bumi ini yang berbayar, dan jika tidak mau membayar untuk sebuah antivirus, setidaknya kalian hanya merasakan proteksi yang "setengah-setengah". Kali ini penulis akan mengelompokan program antivirus yang sudah ada selama beberapa tahun dan terus eksis di komputer-komputer masa kini, berikut penulis memilih satu yang terbaik dari masing-masing kategori.

Antivirus terbaik yang menawarkan full proteksi


TODO alt text

Bitdefender Internet Security 2016

Kelebihan:
  • Fitur Autopilot mode, memproteksi dengan "sangat" aman
  • Proteksi kuat dari semua ancaman malware (ya, SEMUA)
  • Punya dua metode firewall
Kekurangan:
  • Level proteksinya gak semurah macaroni gopean
Sebenarnya ada beberapa antivirus yang bisa penulis masukan di kategori ini, tetapi, alasan terbesar kenapa penulis memilih yang ini? pada dasarnya Bitdefender adalah antivirus yang memang.... adalah antivirus, penulis lebih prefer ke jenis antivirus yang kuat dan tipenya "silent" alias "diem-diem". Bitdefender merebut hati penulis untuk mewujudkan tipe antivirus yang penulis suka. Setelah antivirus ini ter-install, Bitdefender akan menjalankan fitur Autopilot mode secara default (bawaan), dan menawarkan sistem keamanan yang bisa dipilih dan diatur sesuai keinginan kalian. Bitdefender tidak akan memunculkan pop-ups, bahkan pemberitahuan tentang bekerjanya antivirus ini, pokoknya tiba-tiba dia kerja aja, dan kalian tinggal klik-klik-klik main komputer dan browsing diinternet.---Karena inilah, Bitdefender bekerja tanpa banyak "cingcong".

Kalau kalian tipe orang yang selalu up-to-date, Bitdefender bisa melakukan scan terhadap software yang out-of-date atau kadaluarsa, Bitdefender juga bisa memeriksa komponen atau update dari windows update yang hilang, dan bisa juga menganalisa kekuatan password windows kalian. Saat Bitdefender menemukan program pihak ketiga atau third-party program yang out of date/kadaluarsa, Bitdefender akan memberikan informasi laporan secara detail mengenai apa yang dia scan, dan juga bisa memberikan link update asli menuju website asli dari software yang discannya, hebatnya, tidak banyak program yang menawarakan kemampuan seperti ini.

Antivirus ringan terbaik

TODO alt text

Webroot SecureAnywhere

Kelebihan:
  • Penggunaan memory HDD dan RAM yang sedikit
  • Tidak menganggu saat sedang bermain game
  • Terasa sangat ringan
Kekurangan:
  • Fitur System optimizernya kurang meyakinkan
Lihat di Website Resmi

Saat Webroot pertama kali merilis software antivirus beberapa tahun yang lalu, para pengguna PC dibuat heran dengan proses instalasinya yang memakan waktu tidak samai 10 detik dan tidak terlalu memakan banyak memory HDD dan RAM, walaupun seperti itu, program ini tetap menjalankan tugas sesuai namanya, "SecureAnywhere", program ini bisa diinstall diberbagai macam computer dengan spesifikasi yang bervariasi, sungguh nama adalah doa bukan? (semoga saja).

Penulis akan menerangkan sedikit tentang penggunaan ruang memory dan RAM yang dibutuhkan AV ini. Hanya membutuhkan beberapa MB untuk memory harddisk dan menggunakan sekitar 5 MB RAM saat sedang idle (diam). Saat proses scan aktif, Task Manager menunjukan kalau SecureAnywhere ini memakan 50 MB dari RAM dan menggunakan 15 Persen setidaknya CPU, dan proses itu adalah melakukan scan terhadap 150 GB data dalam dua buah SSD (untuk HDD belum dicoba).

Oh, dan juga Webroot membuat software SecureAnywhere versi gamers. Berbeda dari versi regulernya, versi gamer menawarkan fitur "system optimizer" yang akan menganalisa perangkat PC kalian (hampir seperti fungsi CCleaner atau Game Booster), problem pada system operasi lalu membersihkannya dan memperbaikinya, tetapi penulis hanya melihat yang dibersihkan hanya temprorary files (file .tmp) untuk mengosongkan sebagian ruangan hdd, dan juga Software versi ini berjalan di background, jadi kalian tidak perlu ribet dengan urusan update atau bonus lag saat bermain game.

Sejak adanya layanan Cloud protection, SecureAnywhere bekerja sangat baik kalau ada koneksi internet, saat ini adalah era broadband, tidak akan menjadi masalah bagi orang yang punya internet cepat dan tidak memiliki kuota, tetapi apakah bermasalah bagi kalian yang berkuota? tidak, karena menurut  system reqruitmentnya, penggunaan internet pada software ini hanya untuk memback-up settingan antivirus, data, dan lainnya yang sudah kalian utak atik menurut selera kalian, jadi, pada saat kalian menginstall AV SecureAnywhere ini, hanya tinggal login, dan penggunaannya sama seperti saat kalian menggunakan antivirus pada perangkat yang awalnya kalian gunakan. Intinya membuat proses settingan menjadi cepat dan mudah pada PC lain.

Antivirus gratis terbaik

TODO alt text

Avira Free Antivirus

Kelebihan:
  • Gak perlu mengeluarkan uang
  • Firewall yang bisa diatur-atur
  • Proteksi yang meyakinkan
Kekurangan:
  • Iklannya banyak
Terkadang seseorang sering berargumentasi tentang manakah antivirus terbaik dan gratis, dipihak lain ada yang ingin proteksi penuh tetapi kemampuan scannya kurang, dan yang lain ingin scannya lebih detail tanpa mempedulikan lapisan proteksinya, untuk antivirus yang bisa melakukan dua kemampuan ini secara sekaligus, penulis memilih Antivirus ini dan BitDefender pula. Tetapi penulis sangat mempercayai Avira, karena kemampuannya yang hampir.

Penulis memilih Avira karena kemampuan kustomisasinya. Antivirus ini kaya akan fitur yang bisa diatur-atur, jika kalian ingin mengatur jadwal scan dan melakukan tweak terhadap AV ini? kalian bisa melakukannya, kalian ditawarkan tools  yang bermanfaat juga. Avira mempunyai kemampuan scan yang paling ampuh dan mendalam, yaitu "rootkits", tetapi kemampuan scannya membuat penulis bengong melihat proses scanningnya, karena scannya sampai kedalam-dalam OS, jadi, penulis menyarankan biarkan settingannya default jika kalian tidak ingin lama-lama melakukan scan.

Kesimpulan

Menemukan Antivirus yang menawarkan proteksi paling ampuh adalah sesuatu hal yang patut diperhatikan, diluar sana banyak solusi daripada yang ditawarkan, tetapi selama kalian mengalami hal yang baik menuju buruk, urusannya adalah fitur, harga, dan kriteria lainnya yang menurut kalian penting. Itulah opini penulis jika kalian tidak setuju dengan pilihan penulis, dan jangan kecewa dan baper; penulis tidak menganggap AV yang dipakai kalian jelek.

Ada jalan lain selain menggunakan Software pihak ketiga yang penulis tawarkan, Windows Defender adalah Antivirus Built-in alias bawaan OS Windows kalian. Kemampuannya tidak kalah dengan software-software yang penulis sebutkan, setidaknya Antivirus ini menjalankan tugasnya dengan baik dengan kita tidak mempedulikan Size dari Software ini, dikarenakan bawaan. Tetapi tetap, kalian pasti akan merasakan ketidak puasan, untuk menghilangkan rasa ketidakpuasan ini, diperlukan uang.

Dan perlu diingatkan, tidak semua Antivirus itu dapat melindungi kita 100% dari malware. Pasti ada celahnya agar virus dan malware bisa menembus keamanan, tak peduli apa AV yang kalian install, mungkin sewaktu-waktu kalian butuh lapisan kedua, Software Malwarebytes atau SMADAV bisa menjadi pilihan proteksi tambahan jika diperlukan.


Link diatas rata-rata memberi penulis mendapatkan penghasilan kecil dari link yang kalian klik dan dapat mendorong penulis untuk melakukan review-review selanjutnya. Dimohon untuk membaca catatan dari penulis untuk info lebih lanjut.

5 comments:

  1. namun bagi saya adalah avast free antivirus yang baik bagi PC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kita semua mempunyai pendapat tersendiri, penulis akan memasukannya ke artikel ini sebagai tambahan ^_^

      Delete
  2. สล็อต แตก ง่าย พนันออนไลน์ยอดนิยมยอดนิยมเยอะที่สุดในขณะนี้เนื่องด้วยเป็นเกมที่มีต้นแบบการเล่นที่ง่าย ไม่สลับซับซ้อน พีจีแตกต่างจากพนันอื่นๆที่มีข้อตกลง กรรมวิธีการเล่นที่ยุ่งยาก

    ReplyDelete

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.