Header Ads

Buat misi GTA: San Andreas kreasimu dengan DYOM!


     Halo Gamers, suka main game yang namanya GTA San Andreas? Ya, game ini sudah sangat populer di era tahun 2008 an, terutama pada saat game ini dirilis di Playstation 2. Tapi, pasti para gamers bosan kan menjalankan misi-misi game yang begitu2 saja? dipostingan ini, saya akan membagi sebuah software atau bisa dibilang Mod, yang dimana mod ini dibuat atau didesain supaya pengguna bisa membuat misi sesuai keinginannya sendiri. Lebih rincinya, saya akan bahas dibawah ini.

     Design Your Own Mission atau sering disingkat DYOM ini adalah Mod yang di desain oleh seorang desainer dan scripter bernama Dutchy3010 dan PatrickW. Mod ini diciptakan untuk para gamers yang berkeinginan membuat misi versinya sendiri di GTA San Andreas. Biasanya yang dilakukan para gamers setelah menyelesaikan misi utama di game gta ini adalah mereka bermain bebas yakni mereka berpetualang mengelilingi map San Andreas, membuat keributan, dan lain sebagainya. Mungkin, bagi para gamers yang sudah pernah menamatkan ceritanya dan bermain lagi dari awal, kelihatanya misi-misi tersebut sudah membosankan, tidak lagi menantang, dan bisa dibilang kuno.

     Dan juga, para gamers cenderung juga sering mengabaikan misi utama dan lebih memilih bermain bebas dibanding menyelesaikan misi utama. Mungkin ini termasuk faktor yang sudah saya sebutkan diatas. Dengan demikian, Dutchy3010 dan PatrickW membuat sebuah gagasan untuk mencari solusi dari penyebab tersebut dan mereka merilis lah suatu Mod yang dinamakan Design Your Own Mission.

Features


     Fitur dari DYOM sendiri sih tidak jauh berbeda dari game aslinya tetapi, disini para pengguna dapat membuat jalannya misi sesuai keinginan dari pengguna. Disini saya akan jelaskan fitur dan menu yang dikeluarkan dari dyom ini untuk kebutuhan membuat misi ,antara lain:


1) Mission Menu
Fungsinya memanage file misi, seperti Play Misi, Me-Load misi yang sudah ada, menyimpan misi yang sudah dibuat
2) Storyline Menu
Fitur ini membiarkan pemain melakukan hal yang sama seperti pada game storyline standard pada umumnya, seperti, jika sudah menyelesaikan satu misi, pemain bebas menjelajah kemana saja dan semua map terbuka, pemain juga bisa melanjutkan misinya sama halnya pada game standardnya, akan ada pilihan
  • Test Storyline: jika kamu memilih pilihan ini, storyline akan dimulai untuk keperluan testing
  • Clear Storyline: Menghapus dan Membersihkan unsur2 storyline didalamnya
  • Mission Menu: menu ini berisi fitur untuk menyimpan sebagai DSL atau Misi Normal, Intro, dan Outro
  • Make Storyline autorun: sesuai judulnya, Storyline akan berjalan secara otomatis jika kamu membuka DYOMnya
  • Add missiontrigger: Menambah objek lingkaran merah seperti halnya di mode standard, fungsinya untuk memulai misinya
  • Edit missiontrigger: mengelola objek lingkaran merah mulai misinya, seperti mengganti posisinya, dan lain2
  • Remove Missiontrigger: menghapus Objek lingkaran merah untuk memulai misinya
3) Settings
Fitur ini isinya menambah intro text, jadi sebelum mulai, ada teks intronya, maksimal 3 textbox yang bisa ditampilkan, lalu time limit, menambah timer/pembatas waktu pada misi yang kalian buat, memodifikasi cuaca, bisa menambah wanted pada misi, dan menambah riot mode, saya sarankan untuk mencoba berkreasi dengan riot mode ini, karena saya suka sesuatu yang "semrawut" atau "rusuh" saya sering membuat misi menambahkan unsur riot didalamnya,(Hanya saran), semua fitur di settings memang sangat bervariasi dan butuh pemahaman yang baik, jika biasanya kita main misi standard ada hujan, dan misinya seperti ini dan itu, butuh kreativitas yang tinggi sebagai mission maker, jadi, berlatihlah wawasan kamu dalam membuat misi
4) Player
Konfigurasi awal dari proses pembuatan misi, yaitu mengatur skin, health, dan senjata yang didapat oleh pemain

5) Objective
Menambah sebuah objectives/sub-tujuan dalam misi, bisa menambah actor(NPC), mobil, pick-up(objek yang bisa diambil, contoh: darah, armor, koper, dll), Checkpoint, Objek(seperti gedung,papan peringatan, dll.), Cutscene, membuat player bisa berbicara lewat telepon, dan masih banyak lagi.

6) Actors
Menambah karakter NPC, bisa menjadi teman player, netral (tidak melakukan apa, kecuali player memukulnya, dia marah), musuh 1 (musuhnya player dan musuh2), dan musuh2 (musuhnya player dan musuh1)

7) Cars
Menambah mobil dalam alur misi sesuai keinginan (men-setting car healthnya, artinya seberapa banyak point yang dimiliki mobil itu untuk bisa bertahan, misalnya, 250, mobil mudah meledak, 500, setengah dari mobil pada umumnya, 1000, normal, 2500, lebih dari normal yang artinya mobilnya tidak mudah sekali hancur, atau setara tank)


8) Pick ups
Hampir sama seperti menu dimenu objectives, cuman, tidak harus diambil sama seperti objectives, bisa diambil oleh player sesuai keinginannya

9) Objects & Special Effects
Fitur ini menambah objek dan efek special, seperti memunculkan api, air, bomb, macam2

     Atau, kalian bisa mempelajari lebih dalam tentang ilmu ini dengan melihat dan mempelajari  video di bawah ini.


Jika belum puas dengan video yang diatas, website yang kami sarankan mungkin akan berguna, Klik disini

Setelah kalian selesai membuat msi versi para gamers, kalian bisa upload ke website resminya disini
dan jika kalian ingin mendownload Mod keren yang satu ini, kalian juga bisa mengunjungi nya disini.

Screenshots






     Sedikit informasi, mod ini membutuhkan kreativitas tinggi, agar misi yang dibuat kelihatan bagus, alurnya bagus dan mendapatkan hasil yang maksimal!, kalian bisa bertanya disini, karena sebelumnya penulis pernah membuat misi menggunakan mod ini dan berpengalaman menggunakannya, kolom komentar adalah jalan kalian untuk bertanya :)

Interestin'? Selamat berkreasi!

~VS/R~




 

16 comments:

  1. di dyom saya gk ada menjadikan teman di actorsnya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Silahkan download dyom versi terbaru di website dyomnya (link ada diatas) atau search di google, opsi menjadikan teman sudah ada pada rilis 7.0.1 dan seterusnya (v. 8.0 sekarang), silahkan cek http://www.gtagarage.com/mods/show.php?id=5038

      jangan lupa untuk share misinya! :3

      Delete
  3. Karakternya jd dua, jd gk bsa mainin misi gmn itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai prahara

      sepertinya kamu mengalami konflik pada saat antara menaruh karakter dan spawn player setelah event, pastikan lakukan urutan menaruh objective dan lain-lainnya dengan benar, karena sekali melakukan kesalahan "placement" atau penaruhan, akibatnya bisa fatal, dan selalu jeli saat melakukan placement.

      Solusi yang bisa dilakukan hanyalah mengulang, pastikan urutan placementnya ber-urutan.

      tetap semangat membuat misinya!

      #terima_kasih :)

      Delete
  4. Gan Kok Pas Udah Selesai Buat DYOM nya Kok Pas Di Play Mission Langsung MISI SELESAI ya Tlg solusinya ya please jwb

    ReplyDelete
  5. Gan,gimana caranya bikin playernya jalan sendiri/naik kendaraan sendiri,contoh ada misi ke los santos lalu player naik mobil sendiri dan menjalankan mobilnya hingga sampai ke los santos.mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. gan gimana cara menonaktifkan time limit di objective, karena setelah objective itu mau lanjut ke objective berikutnya tanpa time limit.. bisa ga gan....?? Karena biasanya time limit ga bisa berhenti sampai selesai misi....

    ReplyDelete
  10. RAM yg diperlukan berapa?
    Keluar sendiri pas mau memberi nama misi

    ReplyDelete
  11. Dyom nya GTA SAN yang biasa bahasa Inggris

    ReplyDelete

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.