Header Ads

Screen recorder terbaik Android pilihan penulis (bonus konfigurasinya)


Jadi kalian ingin mengambil momen bermain game di Handphone Android atau Tablet? Kalian datang ketempat yang cocok, karena Penulis akhir-akhir ini sedang merekam momen gameplay bermain Arena of Valor, dan ingin mengabadikannya di Instagram, Screen recorder pilihan Penulis ini rata-rata kaya akan fitur dan juga, performa handphone tidak terlalu turun drastis (tergantung dari handphone dan konfigurasi aplikasi screen recorder itu sendiri)


Bagi yang tidak tau apa itu Screen Recorder? adalah aplikasi yang bertugas untuk menangkap layar smartphone, tugasnya bisa merekam dan juga mengambil screenshot, entah apa yang kalian rekam bisa jadi adalah Tips dan Trik atau bagaimana cara melakukan sesuatu.

Apa saja aplikasinya? plus! Penulis akan memberitahukan konfigurasi yang optimal beserta alasan untuk beberapa aplikasi yang Penulis sudah coba, perangkat yang digunakan penulis kali ini menggunakan mid-end device yaitu Xiaomi Redmi 4X.


AZ Screen Recorder
1. AZ Screen Recorder

Komprehensif dan dapat diandalkan

Kelebihan:

 - Kaya akan Konfigurasi Video
 - Simple dan mudah untuk digunakan

Kekurangan:

- Beberapa fitur memerlukan uang

Kaya akan fitur dan mudah digunakan, Penulis rasa AZ Screen Recorder cocok untuk diurutkan paling atas, sama halnya pada daftar Screen Recorder terbaik di website lainnya. Melalui balloon pop-up yang simple (seperti Digambar) kalian bisa menangkap screenshot, merekam video, bahkan bisa melakukan livestreaming, aplikasi ini sering digunakan oleh para youtuber untuk merekam gameplay permainan mereka.

Masuk ke menu aplikasinya, yaitu Pengaturan, intinya tidak jauh dari konfigurasi perekaman, kalian bisa mengatur resolusi video, mengatur frameratenya, mengatur audio bitrate, bahkan bisa mengatur gerak video dengan fitur timelapse. Tidak hanya itu, kalian bahkan bisa menambahkan logo dan text sebagai watermark pada video kalian. Yang paling kerennya, ada countdown timer sebelum merekam, bisa merekam suara external (menggunakan mic handphone), dan masih banyak fitur yang bisa kalian manfaatkan disini.

Mari kita ketahui versi pro nya, aplikasi perekam video ini disematkan fitur tambahan seperti merekam dengan kamera depan saat kalian menangkap video pada layar smartphone (seperti video-video yang ada di YouTube), tombol tidak kelihatan yang berfungsi untuk memulai dam berhenti merekam, dan fitur tambahan lainnya yang akan menunjang kalian saat merekam video -- dan pastinya, tidak ada iklan. Jika kalian ingin merintis di bidang Content Creator YouTube, atau sejenisnya, AZ Screen Recorder ini bisa melakukannya.

Download AZ Screen Recorder


DU Recorder
2. DU Recorder

Screen recorder yang hampir memiliki fitur lengkap


Kelebihan:


 - Mudah digunakan pada saat pertama kali dijalankan

 - Disertai dengan video editing yang powerful



Kekurangan:

- Fitur-fiturnya tidak ramah dengan smartphone kentang

Penulis sangat bingung, ternyata fitur yang tidak dimilki Screen Recorder pada umumnya ternyata ada di DU Recorder, kalau diperhatikan DU ini memilki fitur yang Penulis rasa harus dibayar, dan ternyata? fitur-fitur hebat ini gratis digunakan, seperti pada umumnya, screen recorder ini bisa merekam, mengambil gambar, dan melakukan livestream, kalian juga bisa mengatur variasi format video yang direkam, memberikan keseimbangan dari segi kualitas dan ukuran pada video.

Apa saja fitur-fitur hebatnya? Kamera depan bisa difungsikan sambil merekam layar (bahkan bisa ditambahkan efek-efek keren), bisa membuat gambar GIF dari hasil rekaman, dan ada opsi untuk menambahkan anotasi dan juga watermark pada bagian atas video.

Sangat lengkap, begitu juga video editornya, sangat banyak fitur yang berguna untuk mengelola hasil rekaman layar, mengingat kalian tidak harus menggunakan komputer untuk melakukan editing video, semuanya simple dan semua basic tools ada di aplikasi ini. Bahkan semua video yang ada dihandphone kalian, bisa di edit menggunakan aplikasi ini.

DU Recorder bisa didapatkan disini
.


YouTube Gaming
3. YouTube Gaming

Pelengkap untuk kalian yang sering menghabiskan waktu di Youtube

Kelebihan:

- Berbagi video gameplay dengan simpel serta terintegrasi dengan YouTube
- Antar muka tampilan yang minim dan mudah dioperasikan

Kekurangan:

- Resolusi video dibatasi sampai 720p saja

Aplikasi YouTube Gaming ini disematkan dengan fungsi perekam layar, membantu kalian untuk mengambil momen saat kalian bermain game, aplikasi ini berjalan sangat bagus untuk kegiatan yang berhubungan dengan game, bahkan bisa merekam pada aplikasi apapun. Saran penulis, jika kalian sering melakukan aktivitas yang berhubungan dengan YouTube, bisa jadi aplikasi ini adalah pilihan yang pas.

YouTube Gaming juga dapat memberitahukan informasi mengenai memori perangkat, dan mengatur jangka waktu rekaman berdasarkan banyaknya memori kosong di handphone kalian, tetapi aplikasi ini mengharuskan kalian untuk memilih permainan atau aplikasi yang hendak ingin direkam terlebih dahulu, dan aplikasi ini juga memilki fitur merekam wajah kalian menggunakan kamera depan, dan fitur ini juga bisa dinonaktifkan sesuai selera kalian.

Penulis merasa, tidak banyak pengaturan yang diutak-atik disini, pada dasarnya hanyalah pengaturan basic seperti pengaturan sharing, kualitas video, dan lain-lain, Oh! kalian juga bisa melakukan sedikit edit pada hasil rekaman kalian. Dan video editor ini diciptakan oleh Google sendiri, menurut penulis akan berjalan normal-normal saja pada perangkat yang memilki sistem operasi android (Karena Android diciptakan oleh google), dalam arti kecil kemungkinan, hasil video akan mengalami stutter, macet-macet, atau bahkan nge-freeze.

Dapatkan YouTube Gaming

4. Mobizen Screen Recorder

Dapat disesuaikan, serbaguna, dan juga handal

Kelebihan:

- Berisi banyak pilihan pada bagian Pengaturan
- Alur penggunaannya efisien dan juga mudah digunakan

Kekurangan:

- Iklan yang bisa jadi sangat mengganggu

Ini dia, iklan dari aplikasi ini pernah booming diplaystore, dan juga YouTube, yang menjadikannya salah satu aplikasi paling popular untuk Android, Mobizen mengerahkan semua kemampuannya dengan memberi fitur unik yang diberi nama Mode Bersih atau "Clean recording mode" yang akan menyembunyikan tombol operasi recorder saat merekam, jika kalian ingin memberhentikan atau melanjutkan kembali rekaman, pop-up akan muncul (dan tidak akan direkam)

Yang penulis suka, aplikasi ini sangat user friendly, yaitu memberi langkah-langkah dan juga petunjuk saat pertama kali melakukan perekaman bahkan sampai tahap perekaman selanjutnya, dan lebih bagusnya, setelah kalian merekam, kalian juga akan disuguhi video yang sebelumnya kalian rekam, sangat berguna ketika ingin melihat-lihat videonya dahulu sebelum masuk ketahap editing (seperti menambahkan efek, intro, atau ending,serta ada toolsnya tersendiri) atau upload dijadikan status.

Beberapa fitur dari Mobizen SR ini yang perlu dibayar, tapi dari segi penggunaan sehari-hari, kita bisa memanfaatkan yang fitur gratisnya meskipun kurang lebih sama seperti aplikasi yang pernah penulis coba. Tidak begitu bagus, dan juga tidak begitu buruk dari segi fitur dan juga kehandalan aplikasi dalam melakukan rekaman, dan setidaknya kalian bisa mencoba screen recorder yang satu ini dengan mencoba semua fitur premium dari mobizen selama 7 hari saja.

Install Mobizen Screen Recorder disini


5. Screen Recorder




Simple dan benar-benar aplikasi perekam yang ringan

Kelebihan:

- Ringan dan simpel

- Memiliki tools basic seperti Video trimming (pemotong video)

Kekurangan:

- Fitur-fitur diaplikasi ini kalah dengan pesaing diatas

Selama Penulis menggunakannya, sama sekali tidak ada masalah dan tombol-tombol untuk mengontrol perekaman juga tidak terlalu mengganggu dan kontras, inilah yang Penulis suka, serasa aplikasi rekam bawaan dari perangkat, yang membuatnya mudah diakses dan dioperasikan aplikasinya, kalian tidak akan dipusingkan dengan deretan banyak pengaturan atau opsi dari aplikasi ini ketika hanya ingin merekam.

Bukan maksud aplikasi ini jelek dari yang lainnya, aplikasi ini memilki fitur video editor yang sangat basic dan mudah digunakan, seperti menambah coretan pada video, selain video editor, juga memilki berbagai opsi yang bisa disesuaikan seperti mengatur resolusi video, frame rate, dan kualitas suara.

Proses merekam bisa diberhentikan dengan mengetuk bar notifikasi, mematikan handphone seperti biasa (menggunakan tombol power), atau dengan menggoyangkan handphone: dan sepertinya akan berguna untuk kalian yang tidak ingin melakukan tapping pada layar. Kemampuan aplikasi ini tidak hanya sampai situ, Screen Recorder ini saking mewujudkan tujuannya sebagai aplikasi yang sangat ringan, disematkan mode malam yang akan membuat mata kalian tidak Lelah.

Download Screen Recorder.

Mana konfigurasinya?

Oh iya, penulis sudah mengatakannya di artikel ini, dari yang penulis sebutkan diatas, ada beberapa aplikasi screen recorder yang penulis ambil untuk dijadikan tips konfigurasi untuk kalian, karena penulis rasa aplikasi ini cocok untuk kalian coba sekarang juga berdasarkan survei penulis untuk rata-rata spesifikasi perangkat smartphone yang digunakan saat ini.

Jadi mana dulu? mari kita mulai dengan:

1) AZ Recorder

Ikuti saja konfigurasi dibawah ini



2) Mobizen Screen Recorder




Apakah kalian memilki handphone Xiaomi dengan aplikasi Screen recorder bawaan? coba konfigurasi ini




(Konfigurasi dari aplikasi screen recorder lainnya akan Penulis share lain waktu)

Tidak perlu banyak yang dikonfigurasi (kecuali kalian paham dengan beberapa konfigurasi diatas), seperti makin kecil bitrate audio, suara yang dihasilkan makin kurang jelas, coba kalian naikan dan cari tahu yang menurut kalian sesuai, begitu juga dengan FPS, semakin kecil FPS, semakin sering macet-macetnya timbul alias lag, tetapi konfigurasi untuk Screen recorder lainnya tidak jauh dari mengatur Frame rate, resolusi video, dan audio bitrate.

Penulis sarankan, manfaatkan mic dan juga kamera depan hanya bila diperlukan saja, karena akan membebani kinerja proses perekaman, seperti yang penulis lakukan dengan AZ recorder, Kalian juga bisa bereksperimen dengan mengembangkan settingan diatas untuk mengetahui seberapa kuat handphone kalian dalam menghandle tugas merekam ini.

Apakah kalian ada kendala dan juga tidak ingin melakukan banyak konfigurasi karena ribet? plus kalian tetap mengalami lag berkelanjutan dan juga konfigurasinya sudah acak-acakan? berikut tips dari penulis:


  • Jika kalian merekam permainan, coba atur grafis permainan kalian menjadi lebih rendah,
  • Ada beberapa aplikasi yang encodernya bisa diatur, manfaatkan dan atur settingan ini untuk hasil optimal,
  • Pastikan tidak banyak aplikasi yang berjalan pada latar belakang, jangan lupa untuk menutup semuanya,
  • Cache yang menumpuk bisa jadi menjadi hal yang menjengkelkan, manfaatkan aplikasi cleaner bawaan atau pihak ketiga (bisa mencarinya playstore) untuk membersihkan sampah-sampah,
  • Pastikan memori tidak sesak, jangan hanya memanfaatkan penyimpanan internal, coba untuk memasang memori external (Penulis menyarankan 8 atau 16 GB).
  • Yang terakhir? coba gunakan aplikasi nomor urut 5,
  • Tips lainnya, aktifkan mode jangan ganggu agar tidak notifikasi yang menganggu saat melakukan perekaman.
Belum cukup?

Sepertinya penulis hampir kehabisan akal, jika kalian mempunyai naluri yang expert, dan suka melakukan hal yang unik, coba baca artikel ini (berbahasa inggris), syaratnya adalah system Android kalian harus 4.4 atau lebih, penulis menyarankan untuk tidak mengutamakan cara yang ini karena beresiko menyangkut keamanan perangkat, kecuali kalau kalian tidak ada jalan lain karena hanya untuk merekam layar saja.


Kesimpulan

Terima kasih kepada aplikasi screen recorder diatas dan yang lainnya, merekam layar di Android saat ini sangat mudah, se-mudah kalian mengambil screenshot di handphone, semua screen recorder memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga fitur-fitur yang ditawarkan, semua kembali ke-kalian, ingin yang bisa melakukan video editing sekaligus perekam? AZ Screen Recorder dan DU Recorder-lah jawabannya, ingin yang ringan? bisa coba Screen Recorder, tidak ingin terlalu banyak aplikasi yang terinstall? manfaatkan saja screen recorder bawaan dari perangkat kalian

Masih butuh bantuan mengenai perekaman layar? Penulis senang bila ada yang menanyakannya dikolom komentar dibawah! dan Penulis akan segera jawab bila ada waktu, atau kalian ada aplikasi lain yang ingin dijadikan rekomendasi disini? Penulis akan melakukan proses review dan akan menaruhnya di artikel ini.

3 comments:

  1. Casino Bonus Code - JammyHub
    Casino Bonus Code - Code, Casino Offer. Use the Code to get an exclusive $10 no deposit bonus for new users! 평택 출장마사지 - 제천 출장안마 $10 no 부천 출장마사지 deposit 동해 출장마사지 bonus on slots - $10 경상북도 출장샵 no deposit bonus on

    ReplyDelete
  2. โปร สล็อต pg slot จากเว็บสล็อตออนไลน์ PG-SLOT.GAME ที่ยกเกมสล็อตออนไลน์จากค่ายดังมาอย่างหลากหลายค่ายเกม เช่น pg slot jili joker และอื่นๆอีกมากมายในเว็บเดียว มาแรง 2022

    ReplyDelete
  3. xoslot เป็นเว็บคาสิโนออนไลน์ที่ดีชั้น 1 ของไทยแล้วก็ทวีปเอเชียโดยยิ่งไปกว่านั้นสล็อตออนไลน์เล่นขณะนี้ และรับรางวัลแจ็คพอต! สล็อตออนไลน์สมัครสล็อตถอนได้ไม่จำกัดสูงสุดวันละ 2ล้าน

    ReplyDelete

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.