Header Ads

VPN Pilihan penulis untuk bermain game (Gaming)


Jaringan Pribadi Virtual (Virtual Private Network), sering disebut sebagai VPN, adalah cara untuk mengenkripsi komunikasi internet, sehingga info pribadi kalian tidak dibagikan dengan ISP yang kalian gunakan dan orang lain. lebih detailnya VPN ini seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga, VPN berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual. Tidak ada koneksi jaringan secara real alias nyata antara 2 titik yang berhubungan.


Penulis memperhatikan cuitan dari rata-rata orang diinternet mengenai kontroversi  penggunaan VPN saat bermain game, beberapa orang mengatakan bahwa akan memperlambat koneksi atau mengurangi bandwidth, yang menjadikan VPN tidak cocok untuk bermain game. Walaupun seperti itu, ada beberapa orang, mungkin kalian menggunakan VPN supaya IP Address tidak ketahuan saat melakukan aktivitas yang berpotensi menggunakan kartu kredit, info-info vital seperti informasi kartu kredit inilah yang disimpan di server tergantung kebijakan dari provider akun si pemilik, atau bahkan untuk keperluan melakukan transaksi luar negeri yang mengharuskan kalian harus berada di negara tersebut supaya transaksi tetap jalan terus, VPN ini lah solusinya.

Setelah dilakukan test beberapa VPN oleh penulis, Penulis telah menetapkan beberapa VPN gratis dan berbayar yang menurut penulis sesuai dengan kebutuhan orang banyak saat ini.


VPN Terbaik untuk PC Gaming






(+) Cross Platform
(+) Harga sesuai kebutuhan
(+) Paling terbaik dari segi kecepatan
(-) Tidak ada tingkat gratis
(-) Dibatasi 3 Clients pada Paket Standard (dan inipun berbayar)

VyprVPN mendukung banyak platform, seperti Windows, Mac, Ios, dan Android, begitu juga Linux, Tomato Router via sebuah Aplikasi, DD-WRT, OpenWrt, AsisWRT, Blackberry 10, Synology NAS, Android TV (Penulis mengetesnya menggunakan Mi TV 4A), Boxee, The Anonabox, dan juga perangkat handphone yang memiliki kemampuan khusus dibidang privasi seperti Blackphone. VPN ini bisa dikatakan unggul dari yang lainnya. Perusahaan yang menjalankan VPN ini berbasis di Switzerland, dimana negara tersebut memberlakukan peraturan yang ketat terhadap hukum privasi.


Untuk perbulannya VyprVPN mematok harga $9.95/Bulan atau Rp.145.000-an kurang lebih, fitur yang kalian dapatkan adalah maksimum 3 client menggunakan VPN ini serta akses data tanpa batas, berbicara mengenai harga-harga disini selain yang penulis sebut diatas, ada juga paket premium nya yang memiliki fitur 5 client bisa menggunakan VPN ini, bisa dikatakan lebih mahal daripada yang standard tadi yaitu $12.95 atau sekitar Rp.180.000-an, sudah termasuk Server Cloud VPN disematkan protokol Chameleon yang didesain untuk menembus teknologi blokir VPN. Tidak ada gratis-gratisan disini, tetapi VyprVPN menawarkan Trial gratis 1 GB selama 3 Hari dan bisa untuk dicoba
Informasi menarik dari VyprVPN ini, memiliki lebih dari 700+ Server yang berada di lebih dari 70 Lokasi dan menyediakan lebih dari 20 Ribu IP, VyprVPN menggunakan DNS nya sendiri jadi tidak perlu melalui ISP kalian terlebih dahulu, mereka bisa dikatakan tidak mahir dalam mengelola DNS, tetapi privasi browsing kalian akan benar-benar terjaga, tidak ada jejak aktivitas pengguna bahkan saat kalian online.
Penulis pernah melakukan test terhadap VPN ini, dan VpyrVPN melakukannya dengan baik, harga sesuai dengan apa yang diharapkan, saat penulis melakukan test download bisa sampai 30 Mbps troughput (penulis menggunakan ISP telkomsel), dan Upload bisa sampai 21.78 Mbps, selain itu ping yang didapat menggunakan VyprVPN ini sangat rendah, yaitu 22 ms, yang artinya cocok untuk bermain game online karena tidak lag. VyprVPN ini juga memiliki fitur Kill Switch untuk memblokir koneksi internet jika terowongan VPN dikompromikan untuk mencegah pengiriman data yang tidak terenkripsi.
VyprVPN ini unggul dari segi kaya akan platform yang didukung, harga yang sesuai dengan expetasi, server yang banyak, dan penulis rasa cocok untuk menjadikannya sebagai VPN terbaik untuk bermain Game “tetapi dengan uang”

VPN Gratis Terbaik untuk PC Gaming


(+) Keunggulannya tidak kalah dengan tingkat berbayar
(+) Mendukung Router
(+) Client tanpa batas pada tingkat berbayarnya
(-) Tidak mendukung Android pada layanan gratisnya.
(-) Speednya “sangat” lambat
(-) Membutuhkan email untuk menerima informasi terkait penggunaan VPN
Windscribe VPN mempunyai 2 perbedaan penting diantara lainya: pertama, menjadi layanan VPN paling mahal per-tahunnya, kedua, adalah satu-satunya layanan penyedia VPN yang penulis lihat dari segi mendukung client dalam jumlah yang tak terbatas. Support dengan Windows dan Mac, begitu juga Ios, tetapi Android tidak didukung pada Tingkat gratisnya, dan juga mendukung kedua jenis DD-WRT dan Firmware Tomato.
Pada layanan berbayarnya, mematok harga $9/Bulan (Rp.130.000-an) atau $49 pertahunnya (Rp.714.000-an), fiturnya antara lain client dan bandwidth tanpa batas. Tingkat gratisnya hanya memiliki 11 Lokasi, dan jika berbayar memiliki 50 Lokasi yang lancar. Mereka juga mengklaim tidak “menyimpan catatan  aktivitas permanen” meskipun ini hampir tidak identik dengan kebijakan “No Log”; terintegrasi dengan Killswitch, VPN ini juga memiliki fitur “Windflix” untuk mengunblock Netflix US yang bisa dilihat dari seluruh dunia.



Diketahui dari kecepeatannya, bisa mencapai 9.26 Mbps saat download dan 10.53 Mbps Upload, Penulis tidak merekomendasikannya untuk bermain game karena ping menggunakan VPN ini adalah 95 ms. Inilah yang membuat hingga Windscribe VPN kurang disukai untuk game PC anonym.
Setelah melakukan tes, penulis menempatkan Windscribe VPN ke bagian belakang, berdasarkan kecepatan (yaitu lebih lambat), tetapi ada yang perlu diperhatikan disini. menawarkan kuota data gratis  sebesar 10 GB setiap bulan, meskipun kalian perlu memberikan alamat email; selain itu turun menjadi 2 GB, kuota data yang diberi masih jauh lebih besar daripada VPN lain yang memiliki tingkatan gratis di MB.
Berdasarkan penjelasan penulis diatas bahwa Windscribe VPN adalah satu-satunya layanan yang menawarkan layanan gratis yang dapat bertahan dengan bandwidth lebih rendah selama sebulan penuh, jadi penulis memilihnya sebagai "VPN Gratis Terbaik untuk PC Gaming”

VPN Terbaik dari segi penggunaan



(+) Mudah pengoperasiannya
(+) Harga yang masuk akal
(+) Ping rendah
(+) Pengumpulan data yang terbatas
(-) Paket berbayar yang memiliki kecepatan masing-masing
(-) Data yang diberikan sedikit di Tingkat gratisnya
(-) Tidak mendukung router

Sekarang adalah TunnelBear, kelihatan mudah pengoperasiannya, mungkin karena tema dari tampilan ini adalah beruang yang membuat mudah digunakan, tapi penulis akan menjelaskan lebih dari sekedar hal-hal berbau beruang tersebut.
TunnelBear VPN mensematkan 500 MB pada Tingkat gratisannya perbulan, jika ingin yang unlimited, dengan membayar $9.99 (Rp.145.000) atau $49.99 Pertahun (Rp.729.000), mendukung banyak platform, seperti Windows, Mac, Ios, dan Android, dan memiliki extensi untuk Chrome dan Opera. Sayang sekali, VPN ini tidak bisa dikonfigurasikan pada Router. TunnelBear VPN juga berjanji untuk mengambil “sedikit informasi data” untuk kelanjutan pengoperasian VPN ini.


TunnelBear mempunyai lokasi yang tersebar di 20 negara saat ini, mengikuti kebijakan “No Log”, dengan tambahan fitur “Ghostbear” yang membuat traffic VPN ini tidak mudah dideteksi yang artinya dapat menembus layanan blokir VPN. Memiliki Killswitch dan tidak ada logging menggunakan timestamp.
Kecepatan downloadnya bisa sampai 24.73 Mbps, yaitu adalah hasil terendah diantara yang diatas, dan uploadnya 14.85 Mbps, yaitu lumayan cepat. Tetapi TunnelBear ini juga memiliki ping yang rendah, sekitar 24 ms, bisa jadi VPN ini pilihan cocok untuk gaming.
Penulis merekomendasikan TunnelBear VPN untuk pengguna yang tahu tentang internet dan menginginkan layanan perlindungan dari VPN ini, tetapi tidak terlalu paham dengan teknologi. Dengan kata lain, ini adalah layanan sempurna untuk newbie yaitu tampilan yang sederhana, jadi kalian tidak perlu mengirim email ke Customer Service atau googling untuk membantu kalian dalam mengoperasikannya.

VPN terbaik dengan untuk yang memiliki Budget (Bayar tahunan)


(+) Harga yang murah untuk membayar pertahunnya
(+) Suppoert dengan firmware router OpenWrt
(+) Kecepatan upload yang sangat baik
(-) Pingnya sangat tinggi
(-) Hanya mendukung 3 perangkat
(-) Trialnya dibatasi dengan waktu
PrivateTunnel bisa dikatakan layak digunakan. Meskipun tidak ada tier gratis, VPN ini menawarkan uji coba terbatas dengan data 200 MB. Meskipun mereka tidak memiliki ekstensi untuk browser, VPN ini mendukung platform utama, seperti Windows, Mac, serta iOS dan Android. Selain itu, menawarkan dukungan untuk VPN di router, melalui platform OpenWrt, sebuah firmware router yang open source.

Speedtest menunjukan kecepatan download yang sehat, yaitu 29.04 Mbps, dan kecepatan upload yang sangat bagus yaitu 23.08 Mbps, kecepatan upload terbaik dari yang pernah penulis test sebelumya, dan memiliki ping sekitar 162 ms.
Ada kekurangan disini, yaitu Layanan VPN ini berbasis di Amerika, hanya mempunyai 12 lokasi server di 9 negara, sebagai “tambahan”, Netflix dan BBC iPlayer tidak dapat digunakan pada layanan ini.
Tidak ada paket Unlimited disini, yang ada kalian mendapatkan 20 GB data tanpa ada batasan waktu seharga $9.99 (Rp.145.000) atau yang lebih baiknya 100 GB Data seharga $19 (Rp.291.000), VPN ini juga menawarkan layanan yang dibayar pertahun dengan harga $29.99 (Rp.437.000), support sampai 10 perangkat, menjadikan PrivateTunnel VPN adalah salah satu layanan dengan harga yang lumayan murah untuk pengguna yang ingin membayar tahunan.

VPN terbaik dengan untuk yang memiliki Budget (Bayar bulanan)

(+) Harga perbulannya murah
(+) Dukungan perangkat yang luas, termasuk Router
(+) Ping rendah
(-) Kecepatannya tidak sesuai expetasi (yaitu lambat)
(-) Tidak ada tingkatan gratis
VPN Unlimited menawarkan fitur menarik yang ditetapkan pada harga murah, meskipun tidak menawarkan tier gratis selain uji coba tujuh hari pertama. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, layanan ini menawarkan berbagai server yang sangat baik.
Harga sangat bagus; cocok untuk mahasiswa miskin seperti punlis, menginginkan VPN yang murah dengan paket bulanan $6,99 (Rp.97.000-an) dan jika ingin membayar tahunan hanya dengan $39,99 (Rp.583.000-an) untuk maksimal 5 klien. Ini juga mendukung platform pada umumnya seperti Windows, Mac, iOS dan Android, tetapi juga banyak perangkat lain seperti kotak Roku, Apple TV, Amazon Fire TV, dan Google Chromecast. Ada juga dukungan router untuk DD-WRT dan Open Wrt, dan dukungan terbatas untuk firmware Tomato, menjadikan VPN Unlimited sebagai pilihan yang sangat baik dari segi dukungan platform yang luas.
Hasil dari kecepatan berubah-ubah, terakhir kali test download bisa sampai 29.0 Mbps dan kecepatan uploadnya 14.85 Mbps, ping yang didapat menggunakan VPN ini sekitar 21 ms, sudah mahasiswa, kalian suka bermain game? VPN ini sangat cocok!.
Yang mencolok dari VPN Unlimited adalah harga bulanan terendah dibandingkan dengan layanan VPN yang lain. Oleh karena itu, penulis merekomendasikannya sebagai pilihan untuk pengguna yang menginginkan VPN berbayar paling murah berdasarkan harga bulanan.

VPN Lainnya yang penulis test 


SurfEasy VPN sangat mudah untuk digunakan, dengan software yang berjalan baik di Windows 10, dan memiliki fitur pelacak penggunaan pada pada tingkat gratisnya dan juga berbayar, 600 MB per bulan untuk pengguna tingkat gratis, dan memiliki aplikasi pada smartphone dan ketersedian ekstensi browser. Ada juga tingkatan Premium SurfEasy dengan bandwidth tak terbatas sebesar $11,99 per-bulan (Rp.163.000), didiskon hampir setengah tahunan hingga $ 77,88/Rp.113.000 ($ 6,49/bln atau Rp.94.000) yang dapat digunakan bisa sampai 5 perangkat.
Namun, SurfEasy VPN memiliki keterbatasan, termasuk tidak ada dukungan untuk VPN di router. Selain itu, pada Speedtest yang dilakukan, SurfEasy memiliki kecepatan lambat yaitu 12,62 Mbps download dan paling lambat 1,98 Mbps untuk upload, dengan waktu ping tertinggi 160 ms. Meskipun SurfEasy VPN memiliki salah satu jatah tingkat data gratis yang lebih baik, harganya lebih mahal baik untuk biaya bulanan dan tahunan. Selain itu, kecepatan yang diukur lambat dan ping yang tinggi, membuat layanan ini sulit untuk direkomendasikan, tetapi untuk kalian yang darurat dan membutuhkan VPN bisa menjadikannya sebagai alternatif atau backup.


Hideman VPN menawrkan fitur trial gratis 7 Jam, yaitu 1 Jam setiap harinya,  dan paket berbayar yang dinamanakan Ultimate Plan tanpa batasan data yang dipatok harga $9 (Rp.131.000) atau $69 (kurang lebih 1 jutaan) untuk pertahunanya, mendukung hingga 4 client, suppoert Windows dan Mac, serta menyediakan aplikasi untuk iOS dan Android, ketersediaan extensi browser untuk Chrome, tidak support dengan router dan ada batasan untuk pilihan lokasi server. VPN ini menyimpan data privas kalian hanya 14 Hari lalu menghapusnya.
Kecepatan download yang didapat oleh penulis bisa sampai 41.67, tetapi untuk upload hanya bisa sampai 7.8 Mbps, ping nya 45 ms yang membuat penulis keceew. Tapi secara keseluruhan, walalupun kecepatan downloadnya tinggi, Hideman VPN tidak banyak yang berbeda dari kebanyakan VPN lain, yaitu harga yang tidak murah.

Mempunyai trial selama 3 Jam, setelah itu membayar 5 Euro perbulan (sekitar Rp.83.491), server berbasis di Swedia dan menetapkan kebijakan No Activity Logs. Jadi pengguna bisa dikatakan anonim, kalian bisa membayar layanan perbulannya menggunakan uang atau bitcoin, ,dan tidak membutuhkan email saat kalian mendaftar akun untuk Mullvad VPN.
Saat test, tidak terlalu istimewa dari VPN ini, kecepatan download yang didapat bisa sampai 16.27 Mbps, dan upload 13.11 Mbps. Serta ping yang lumayan tinggi yaitu 119 ms.
Masih banyak VPN yang belum penulis pernah test tetapi masuk daftar yang ingin dicoba, dikarenakan tidak menawarkan opsi gratisan seperti:
·         Express VPN
·         IPVanish VPN
·         Nord VPN
·         Private Internet Access VPN
·         Pure VPN
·         Slick VPN
Meskipun layanan VPN ini direkomendasikan di situs atau blog lain, saat ini, penulis tidak dapat berkomentar apa pun pada salah satu layanan VPN diatas, karena karena tidak dapat mengujinya tanpa ada trial (meskipun mereka menawarkan jaminan uang kembali), tetapi penulis tidak akan membagikan info keuangan pribadi penulis ke enam layanan VPN diatas (kebanyakan berbasis di luar negeri) hanya hanya karena untuk melakukan test, terutama ketika ada opsi lain yang tersedia. Lagipula penulis sadar betul bahwa uang yang dikeluarkan untuk melakukan test diatas tidak lah sedikit.

Tambahan sedikit untuk Layanan VPN lainnya yaitu Spotflux VPN yang penulis download di laptop ASUS X43U Windows 10 yang tersambung ke router indihome melalui kabel, penulis bisa mendapatkan kecepatan yang sangat tinggi hingga 65 Mbps download dan kecepatan upload 25 Mbps, Spotflux VPN ini adalah satu-satunya software VPN yang tidak dapat membuat sambungan apa pun. Jadi sementara penulis tidak memiliki hasil tes lain, dan tentunya penulis tidak akan merekomendasikan Spotflux VPN ini ke kalian, penulis hanya ingin berbagi pengalaman kesulitan dalam mencoba layanan VPN yang satu ini

Bagaimana Penulis bisa mensortir itu semua?

Penulis fokus pada aspek berikut:


  • Data/Kuota yang diberikan, beberapa layanan ada yang membatasi data dan juga ada yang tanpa batas
  • Harga berdasarkan bulanan dan tahunan
  • Ada trialnya sehingga penulis bisa melakukan test langsung tanpa banyak basa-basi, ada beberapa yang menawarkan jaminan uang kembali
  • Tingkatan gratis, jangka waktu tertentu, enteng, sehingga bisa digunakan saat koneksi ke Wi-Fi Publik seperti di Bandara, Kampus, atau Kafe Internet
  • Jumlah perangkat yang dapat menggunakan VPN per-akun, karena ada beberapa orang yang mempunyai perangkat lebih dari satu dan ingin menggunakan VPN yang sama
  • Support dengan iOS dan Android
  • Penulis mendapat hasil kecepatan, lalu mensortirnya dalam bentuk table

Kesimpulan

Sebagian besar pasti kalian memilih VyprVPN, tetapi itu semua tergantung kondisi, pengguna lebih banyak mencari yang banyak dijangkau seperti yang gratisan, mendukung client tanpa batas, dan lain-lain, jika ingin yang seperti itu, kalian harus mengecek rekomendasi lainnya yang sudah penulis sarankan diatas. Adanya Fitur tingkatan gratis atau Trial sangat membantu sebelum menggunakan sebuah layanan VPN versi penuhnya, dan VPN diperlukan untuk membantu mempertahankan hak Privasi dari ISP, letak lokasi geografis serta peralatan jaringan yang tidak memadai bisa jadi merupakan keterbatasan dari VPN itu sendiri

VPN sangat banyak, dan penulis ingin sekali mereviewnya, lain kali penulis akan mereview tentang VPN untuk Android di artikel yang akan mendatang. Berikan saran VPN terbaik kalian di kolom komentar yang cocok untuk digunakan di Komputer dan penulis senang menaruhnya di artikel ini!

2 comments:

  1. ทดลอง เล่น สล็อต PG SLOT ทดลองเล่นฟรีไม่ต้องสมัครก็สามารถเล่นได้ไม่จำกัดวงเงินปั่นรัวๆได้ กับเว็บ สล็อตออนไลน์ PG-SLOT.GAME ที่นำเกมสล็อตจากค่าย PG SLOT มารวมไว้ในที่เดียว

    ReplyDelete
  2. ทาง เข้า xo เกมสล็อตออนไลน์ที่เเตกง่ายที่สุดในบรรดาเว็บสล็อตต้องมาเล่นกับเรา pgslot-th.com มีเกมให้เลือกหลากหลายรูปแบบภาพการ์ตูนสวย เด่นกว่าใครต้องเกมของระบบฝากถอนง่ายมาก

    ReplyDelete

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.