Header Ads

Mengalami Lag saat bermain PUBGM? Begini cara penulis mengatasinya


Saat ini sudah sangat banyak player PUBGM, Tencent ternyata belum puas dengan game yang dirilis untuk platform mobilenya, mereka juga mengeluarkan emulator untuk PC agar bisa menjangkau para playernya yang tidak memiliki handphone dengan spesifikasi tinggi.

Sudah mencoba game PUBGM ini di handpone? apakah sudah mengalami lag yang ditimbulkan saat memainkan game ini? jika tidak seharusnya kalian tidak mengikuti guide ini, jika iya berarti artikel ini bisa menjadi petunjuk kalian bagaimana cara "mengurangi" lag yang ditimbulkan, kali ini penulis mencoba ber-eksperimen dengan handphone Xiaomi Redmi 4X dengan spesifikasi CPU Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435 Octa-core Max 1.40Ghz, Android 7.1.2, RAM 3GB, MIUI 10 untuk bisa memainkan game ini. memang jauh dari rekomendasi spesifikasi yang dibutuhkan, oh iya kenapa penulis menyebutnya sebagai spesifikasi yang jauh dari rekomendasi? pada kenyataanya game ini membuat perangkat Xiaomi Redmi 4X panas dalam hitungan menit, dengan grafis yang disetting Low, sedangkan framerate sudah disetting Low dan juga medium tetapi masih belum mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi cara-cara yang penulis rangkum pada artikel ini bekerja 100%, mungkin tidak 100% setidaknya lag bisa berkurang sebesar 60% pada perangkat yang penulis coba ini.

Kali ini penulis membahas tentang banyaknya artikel yang beredar diinternet, memang rata-rata membahas tentang tips,penulis sudah merangkum dari internet untuk Tips cara mengurangi Lag saat bermain PUBGM di handphone adalah sebagai berikut:


  1. Menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang (bisa melalui bilah menu atau menggunakan aplikasi pihak ketiga peng-akhir proses)
  2. Melakukan restart ulang handphone
  3. Menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan cache, dan sampah-sampah yang mempengaruhi kinerja ponsel (penulis menyarankan aplikasi yang ringan seperti aplikasi CCleaner, Power Clean, dan sejenisnya.)
  4. Mengurangi storage pada ponsel, ya ini juga perlu dilakukan, luangkan waktu sejenak untuk menghapus beberapa file atau meng-uninstall aplikasi yang jarang dibutuhkan.
  5. Menggunakan Game Booster dapat mengurangi lag yang ditimbulkan (biasanya masalah RAM)
  6. Memilih koneksi internet yang stabil (penulis akan membahasnya disini juga)
  7. Dan yang terakhir (penulis sengaja menaruhnya diterakhir), yaitu memastikan handphone kalian memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan game ini (dan menurut penulis ini benar-benars sangat tidak penting)

tips diatas ada yang bisa mengurangi rasa lag yang ditimbulkan, sekitar 30%, terutama pada point 1,3,4,5, dan 6

PUBGM Snow theme

Ada apa dengan Point ke 6? 

Koneksi seperti apa yang stabil? adakah yang salah dengan provider? bisa saja atau bahkan tergantung wilayah geografis kalian, penulis melakukan eksperimen menggunakan provider Telkomsel dan XL didaerah Bekasi Timur (tentunya tidak ada niatan untuk promosi disini) menggunakan koneksi 3G/H+ dan rasanya stabil dan ping tidak meninggi tiba-tiba, lalu ada apa dengan 4G? penulis tidak menyarankan untuk menggunakan koneksi seperti ini karena akan menimbulkan ping yang tinggi secara tiba-tiba (entah mengapa 4G bisa menimbulkan ping yang tiba-tiba tinggi seperti ini). Penulis belum mencoba provider lainnya, akan tetapi untuk masalah koneksi, kalian bisa mencoba :
  1. Menon-aktifkan koneksi lalu menyalakannya kembali
  2. Mengganti dan melakukan test pada koneksi 3G/H+, 4G LTE dan 2G bila perlu
  3. Mencoba provider lain (kalian bisa pinjam kartu sim milik teman, adik, atau kakak sebagai bahan pertimbangan), sebelum melakukan kedua cara diatas dan mencoba satu-persatu cara diatas
Tips diatas tidak hanya diperuntukan untuk PUBGM saja tetapi game yang memerlukan koneksi internet, sejauh ini hanya itu saja yang penulis bisa analisa.

Jadi apa yang benar-benar membuat game ini tidak lag?

Mari kita bahas lag, lag bisa berbagai macam, koneksi buruk pada saat bermain game bisa disebut lag (tadi kita sudah membahasnya diatas untuk solusinya), game berjalan lambat padahal koneksi stabil (kita akan bahas ini segera), dan lag yang ditimbulkan oleh kedua masalah tersebut (koneksi buruk dan game berjalan lambat) dan penulis sudah mencoba cara ini yang mana akan meningkatkan performa game sebesar 60% dan mudah-mudahan bisa meringankan problema seperti yang penulis sebutkan diatas.

Mengatur grafis

Sudah banyak yang membahas ini, tetapi penulis perlu menegaskan kembali, untuk mendapatkan hasil gameplay dan performa yang maksimal, coba untuk mengatur grafisnya, untuk menemukan settingan grafis ini ketuk ikon Gear pada pojok kanan atas layar lalu pilih Graphics, disini kalian akan diberikan opsi Frame Rate dan Graphics, apa fungsi dari kedua opsi ini dan apa kah ada untungnya jika kita mengutak-atik settingan ini?

Pada Graphics, akan diberi pilihan Smooth, Balanced, HD, HDR, dan Ultra HD, semakin tinggi grafisnya semakin menguras tenaga ponsel untuk bisa menjalankan game tersebut dengan grafis yang tinggi, tetapi karena pada tema artikel kali ini tentang performa, penulis menyarankan untuk memilih Balanced, jika masih lag, pilih Smooth.

Frame Rate, menurut penulis ini adalah kuncinya, setiap kalian bermain game ini pasti akan dibatasi Frame Ratenya tergantung dari settingan Frame Rate ini, untuk Low biasanya player diperbolehkan untuk menjalankan game dengan 20 FPS, serta untuk Medium 25 FPS, semakin tinggi FPS? semakin naik performa game dan semakin panas juga perangkat, dan kedua opsi ini masih menimbulkan panas yang normal. Tahukah kalian? bahwa aslinya masih banyak lagi pilihan untuk opsi Frame rate ini, yang penulis maksud adalah Opsi High (30 FPS), Ultra (40 FPS), dan Extreme (60 FPS), tetapi pilihan tersebut tidak tersedia pada handphone milik penulis ini.

Sisanya tidak terlalu mempengaruhi gameplay dari gamenya, kecuali graphic style, kalian boleh mengaturnya sebagai Default saja

Berikut adalah settingan graphic ala penulis


Penulis rasa ini saja belum cukup, berikut cara lainnya.

Menggunakan Software tambahan

Ya, kedengarannya rumit, karena untuk menjalankan sebuah game memerlukan aplikasi tambahan, tetapi aplikasi ini benar-benar sangat membantu, bisa meredakan lag pada game PUBGM yang dijalankan di device yang bisa dikatakan "old".


Diantara kalian mungkin sudah tau, ada beberapa yang belum karena saking frustasinya, berikut aplikasi yang penulis maksud dan bisa kalian download sekarang:

PUB Gfx Tool Free(NO BAN)🔧 1080p HDR 60FPS 4xMSAA (Versi Free)

GFX Tool 

Jadi mana yang yang bagus?


Menurut penulis PUB Gfx Tool (tidak ada unsur promosi disini) adalah aplikasi yang cocok, mengapa? karena aplikasi ini sudah didesain khusus untuk mengatur grafis PUBG ini, aplikasi ini memiliki 2 versi, ada yang gratisan (ada settingan yang tidak bisa digunakan), dan Berbayar (settingan yang tidak bisa digunakan di free bisa digunakan), settingan yang tersedia pada versi berbayar mempunyai konfigurasi yang sangat manjur, yang artinya tidak akan membuat game pubg ini tidak benar-benar lag, bahkan bisa jalan lancar dengan RAM 2 GB dan processor seperti yang penulis sebut pada awal-awal artikel, dan juga tersedia opsi agar tidak perlu takut untuk di ban saat bermain game PUBGM ini (tentunya pada versi berbayar)

Untung saja developer sangat baik, fitur-fitur berbayar bisa dicoba sebagai versi Demo.

Perlu diketahui GFX Tool menduduki urutan ke-dua setelah aplikasi PUB Gfx, tidak beda jauh denga PUBGFX ini, kalian bisa mencoba sendiri mana yang cocok untuk kalian. Mungkin menurut penulis bedanya jumlah opsi/konfigurasinya yang berbeda.


Beritahu saya bagaimana cara menggunakan aplikasinya?

Dari kedua aplikasi diatas, menurut penulis PUB Gfx yang paling manjur, jadi penulis akan memberitahu konfigurasi yang pas untuk kalian serta penjelasan, ingat hanya untuk mengatur konfigurasi yang penulis sebut saja, yang lainnya tidak perlu ya:

Game Variant kalian bisa pilih yang paling atas (jika variant game kalian berbeda, misalkan kalian bermain PUBGM China atau Beta dari versi globalnya, kalian bisa memilihnya disini)

Resolution opsi untuk memilih resolusi game, kalian bisa pilih opsi paling atas, yaitu 960x540

Graphics kalian bisa memilih settingan grafiknya, silahkan pilih "Smooth" atau "Balanced"

FPS disini kalian bisa bebas memilih dan ber-eksperimen dengan konfigurasi ini, coba untuk pilih antara High, Ultra, dan Extreme (perangkat kalian terasa panas saat memilih konfigurasi yang paling tinggi).

Shadow di disable saja

MSAA di disable juga

Seperti yang penulis katakan tadi, kalian bisa mencoba fitur berbayar di aplikasi gratis ini, bisa kalian manfaatkan settingan ini untuk mencoba bagaimana rasanya game berjalan lancar, konfigurasi yang ditawarkan antara lain:

Zero Lag Mode + Battery Efficient pada settingan ini terdapat konfigurasi yang mantab (tidak tersedia sebagai demo)

Potato Graphics settingan grafik yang sangat minimal, kalian bisa aktifkan ini untuk melihat seperti apa game kalian, yang pasti membuat game kalian benar-benar tidak lag (bisa dicoba sebagai demo)

Safe Mode fitur ini akan memproteksi kalian saat menjalankan game dengan konfigurasi diatas dari banned (tersedia sebagai demo)

Save Sensitivity Settings Fitur ini mencegah game merubah konfigurasinya secara diam-diam, terkadang konfigurasinya ganti sendiri, coba untuk meng-aktifkan fitur ini.

Serta masih banyak lagi pada versi berbayarnya.

Selain konfigurasi yang ditawarkan cukup membantu, aplikasi ini juga menawarkan fitur troubleshooting, jadi saat game kalian ada masalah seperti stuck pada logo atau settingan tidak tersimpan, aplikasi ini bisa membantu dan memberi tahap-tahap seperti apa yang bisa dilakukan.

Adakah cara lain selain diatas?

Jika kalian sudah merasa nyerah dengan cara diatas? Ya, kalian bisa coba cara rumit ini tetapi fokus pada konfigurasi Frame Ratenya, yaitu dengan mendownload file ini lalu menaruhnya di SD card > Android > Data > com.tencent.ig > Files > UE4Games >Shadow Tracker > Shadow-Tracker- >Saved > Config > Android , setelah itu buka gamenya, pergi ke Icon Gear > Graphics, lalu settingan yang seharusnya ada pada device yang mendukung akan tersedia, terutama FPS.

Kesimpulan

Dari semua cara diatas sudah penulis coba, dan yang paling membantu adalah dengan software tambahan tersebut, ada beberapa handphone yang mungkin tidak memerlukan software tambahan, kalian bisa coba tips terdahulu, lalu mendownload file yang sudah penulis berikan. Jika dirasa belum memuaskan, kalian bisa coba software rekomendasi dari penulis, intinya yang membuat game ini lag adalah settingan FPS (Frame Per-second) yang low, kenapa Low? mencegah handphone cepat, tetapi biasanya saat kalian pertama kali menjalankan game ini kalian akan ditawari settingan yang cocok dan dipilihkan "Low" sebagai rekomendasi settingan.

Semoga Chicken Dinner menyertai kalian!, jika kalian memiliki tips dan trik atau bahkan cara paling extrim? (yang mengharuskan handphone kalian untuk diroot) jangan segan-segan untuk membagikannya di kolom komentar, mungkin penulis akan memasukannya kedalam artikel ini sebagai saran dari pembaca EG-ID.

2 comments:

  1. ดาวน์โหลดjoker การเข้าเล่นมีมากมายหลากหลายแนวทางสำหรับเว็บไซต์ Joker Gaming การเข้า พีจี เล่นค่ายเกมของพวกเรา ท่านสามารถเล่น ผ่านหน้าเว็บไซต์ ผ่านมือถือสามารถรองรับได้

    ReplyDelete
  2. สล็อต ทดลอง เล่น ระบบใหม่ปัจจุบันที่ได้สะสมเกมทดสอบเล่นสล็อตค่าย PG SLOT ที่ทดสอบ เล่นสล็อตฟรีสปิน ทดสอบเล่นได้ก่อนผู้ใคร ไม่ต้องสมัคร ไม่ต้องฝาก ทดลองเล่นสล็อตฟรี

    ReplyDelete

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.