Header Ads

VGA Terbaik dan Termurah Bulan ini (November 2016)

Best GPU deals dark

VGA bagi para gamers adalah komponen utama yang sangat berarti saat game dijalankan melalui PC-nya, tergantung dari game yang dimainkan. Suatu saat upgrade akan dibutuhkan untuk PC kalian. Saat ada game terbaru dirilis, bolehkan penulis menolong kalian mana VGA yang terbaik dari segi harga dan kualitas untuk kalian?

VGA ini adalah bagian paling responsif untuk menaikan pixel setajam mungkin. Jika kalian tidak mendapatkan FPS yang ditargetkan saat menjalankan Dark Souls III atau Hitman? Kalau sudah begitu, saatnya upgrade VGA pada PC kalian. VGA terbaru rilisan AMD dan NVidia sekarang tersedia, yang mana mereka telah mengisi stock untuk bisa dibeli oleh kita sesuai kebutuhan saat ini.

Artikel ini akan memberitahu kalian mana VGA yang paling terbaik dari segi Kualitas dan Harga, penulis akan berusaha memberi saran sebaik mungkin sebelum kalian membeli komponen ini setiap bulannya (November 2016). Semua VGA yang ada disini berdasarkan jalan-jalan penulis di Internet dan menurut pengetahuan penulis, harga yang tercantum disini telah dicek semua dan menurut harga yang beredar di toko online saat ini (Tokopedia dan Olx) dan berlaku untuk negara Indonesia (sebelum membeli, pastikan cek lewat internet terdahulu).

Berita mencengangkan saat ini: AMD dan NVidia sama-sama meluncurkan VGA terbaru bulan ini. Saat ini diindonesia sedang gencar GTX 1050 Ti, sedangkan AMD masih mengutamakan R9 Fury X sebagai andalannya. Karena efek dari peluncuran graphic card terbaru ini, membuat VGA yang sebelumnya menjadi turun nilai harganya (tidak berlaku untuk VGA yang baru rilis kemarin, mungkin seperti GTX 1080 atau 1070), berpotensi mudah didapatkan dengan harga yang fantastis, dan performa yang ditawarkan VGA lama tidak  buruk, tidak seharusnya mencela VGA lama itu performanya buruk karena munculnya VGA terbaru dan lebih tinggi performannya dari VGA lama. Coba untuk melihat-lihat daftar VGA rekomendasi penulis yang saat ini masih stock, penulis akan selalu update harga yang se-murah mungkin. 

(Saat membeli online, khususnya OLX, pastikan kalian untuk menelpon penjualnya terlebih dahulu, lakukan NEGO pada barang, lalu COD ditempat yang semestinya agar transaksi jual beli sesuai dengan yang diharapkan. Ikuti ketentuan cara jual-beli di OLX agar mendapat hasil yang maksimal saat transaksi).


VGA Nvidia Rekomendasi Penulis

Geforce GTX 1080 | 8GB GDDR5 | Kisaran Rp. 8 juta - 13 Juta (Tokopedia / Olx)

Sepertinya orang-orang sudah menjual harga GTX 1080 dengan harga yang masuk akal. Seperti Tokopedia menyediakan harga yang lumayan bisa dikatakan murah. Begitu juga OLX, terakhir penulis cek (28/10/2016) sudah ada 6 penjual yang menjual barang serupa dengan harga paling terendah 10 Juta dan paling tinggi 12,5 Juta. Coba untuk selalu cek Tokopedia untuk melihat barang yang sama untuk cek harga untuk memastikan harga.

Geforce GTX 1070 | 8GB DDR5 | Kisaran Rp. 5 Juta - 8 Juta (Tokopedia / Olx)

Mau GTX 1070? tentu! Semua orang memang ingin mempunyainya. Menurut penulis, VGA ini secara keseluruhan bagus dari segala segi apapun, mulai dari performa sampai harganya yang bagus untuk menguras dompet kita. Tokopedia menyediakan harga kisaran 5,5 Juta sampai 7 Juta, sementara OLX 5,5 Juta sampai 7 Juta.

Geforce GTX 1060 | 6GB DDR5 | Kisaran Rp. 3 Juta - 6 Juta (Tokopedia / Olx)

Ini dia, Opsi terakhir jika ingin memiliki VGA Nvidia seri terbaru dan akan menjadi saingan dari AMD RX480 tentunya. Tokopedia menyediakan harga yang bervariasi, mulai dari 4 juta hingga 5 juta-an. Sementara sedikit yang menjual VGA ini di OLX, paling murah 3 juta-an, karena iklan dengan harga tersebut masih ada, pastikan menghubungi penjualnya terlebih dahulu karena sudah tayang sejak september.

Geforce GTX 1050 Ti | 4GB GDDR5 | Kisaran Rp. 2 Juta - 3 Juta (Tokopedia / Olx)

Geforce GTX 1050 Ti paling banyak ditunggu dan digandrungi, bisa memainkan game beresolusi 1080p sangat lancer. Plus, sangat tidak berisik alias "quiet", dan efisien. Dan juga memory VRAM 4 GB sudah cukup dan harga yang sangat fantastis. Tokopedia menjualnya dengan kisaran 2 sampai 3 juta, sedangkan Olx belum ada yang menjualnya (cek setiap hari untuk memastikan ada yang menjualnya dengan harga dibawah harga baru)


Geforce GTX 980 Ti | 6GB DDR5 | Kisaran Rp. 4 Juta - 13 Juta (Tokopedia / Olx)

GTX 980 Ti sudah dianggap tua oleh sebagian orang. Tetapi menurut penulis, memiliki VGA ini saja sudah lebih dari cukup, dan Penulis ingin sekali memilikinya, hehehe. Bulan lalu Tokopedia menyediakan harga dari yang terendah mulai dari 6 juta-an sampai dengan 10 juta-an, saat ini beberapa penjual menaikan harganya sampai 7 Juta paling rendah, syukur-syukur dapat 5 Juta. Sementara di OLX saat ini ada yang menjual paling minim 3 Juta sampai 7 Juta, seiring mengikuti harga yang ada di Tokopedia. VGA ini berpotensi untuk bisa di overclock ke speed tertinggi, tetapi, menurut penjelajahan penulis, bahwa GTX 980 bisa menyedot power sampai 250W (OC) dibandingkan 150W yang dihasilkan 1070.

Geforce GTX 980 | 4GB DDR5 | Kisaran Rp. 4 Juta sekian - Hampir 10 Juta (Tokopedia / Olx)

Masih fantastis kisaran harganya. Tetapi, sepertinya GTX 980 akan ketinggalan jaman, mungkin saatnya untuk menjual VGA card yang kalian punya saat ini lalu menjualnya dan membeli lagi VGA seri 1060 atau 1070, karena saat ini harga jual (khususnya yang baru) di Tokopedia kisaran 4 juta sekian sampai hampir 10 juta-an. Penulis menyarankan jeli untuk memilih salah satu dari produk2 yang dijual di Tokopedia karena harganya yang sangat ber-variasi, sementara di OLX ada yang menjual sebagian dan bersaing, kisaran harga antara 6 juta-an - 5 juta sekian.

Geforce GTX 970 | 4GB (Mungkin) DDR5 | Kisaran Rp. 3 Juta sekian - 5 Juta (Tokopedia / Olx)

VGA Card seperti ini sering penulis lihat di forum-forum Steam, yang sepertinya paling diminati, dan banyak yang menjualnya di Tokopedia dengan kisaran harga 3 juta sekian sampai 4 juta sekian, sedangkan Olx dengan harga kisaran 3 juta sekian sampai hampir 5 juta sekian, hampir sama dengan pesaingnya RX 480, pikir-pikir dahulu sebelum menjual atau membelinya.

Geforce GTX 960 | 2GB DDR5 | Kisaran Rp. 1 Juta sekian - 3 Juta sekian (Tokopedia / Olx)

Seperti Nvidia generasi setelahnya, GTX 960 sekarang banyak modelnya dan banyak pabrik yang merilis produk seperti ini (seperti Gigabyte dan MSI). Di Tokopedia, dijual kisaran 1 juta sekian - 3 juta-an untuk versi 2 GB (1 juta-an jarang-jarang, coba untuk mencarinya lebih jeli lagi), sementara untuk versi 4 GB-nya, dijual 2 juta-an sampai 3,5 juta-an, untuk OLX bervariasi, 2 GB dijual 2 juta-an dan 4 GB hampir sama seperti 2 GB, jeli sebelum membeli dan pastikan kalian meminta test sebelum membelinya.

Geforce 660 | 2GB DDR5 | Kisaran 1 Juta - 2 Juta sekian (Tokopedia / Olx)

Tidak kalah dari VGA yang ada diatas, performanya kadang diremehkan oleh sebagian orang, karena dianggap tidak mempuni game dengan resolusi 1080p, tapi setidaknya, kalian bisa mendapatkan update driver dari Nvidia dan artinya, produk ini masih dikembangkan dan tetap mendapatkan perhatian, di Tokopedia, dijual kisaran 1 juta sampai 2 juta sekian, sedangkan di OLX, dijual dengan harga tidak sampai 1 juta-an sampai 1 juta sekian (cocok untuk yang low budget).

Geforce GT 480 | 1.5 GB DDR | Tidak diketahui

Entah, mengapa jarang ada yang jual di Tokopedia maupun OLX, tetapi, GT 480 dikatakan sebagai VGA tercepat dikeluarga seri 400, jika diantara kalian ada yang tahu harganya? coba untuk memberi tahu penulis dikolom komentar tentang penjualan GT 480, seperti pada postingan yang lalu, masih belum ada yang menjual sampai saat ini.

Geforce GT 430 | 1 GB DDR3 | Kisaran Rp. 300.000 - Rp. 700.000 (Tokopedia Olx)
  
Dengan spesifikasi penulis saat ini, penulis bisa menjalankan GTA V sampai 30 FPS, setting se-Low mungkin agar game bisa dimainkan dengan lancar (perlu diperhatikan, RAM mempengaruhi, akan dibahas dikemudian hari). Ada yang ingin GT 430? dengan ini saja, penulis bisa menjalankan GTA V. Ingin tahu harganya? hehehe, jangan terkejut, barang ini murah sangat untuk kalian yang ingin bermain game tapi budget pas. Di Tokopedia, dijual kisaran Rp.300.000 sampai Rp.700.000 (harga paling tinggi mungkin fiturnya berbeda, penulis belum begitu tahu dengan produk seharga ini seperti apa fiturnya) sedangkan di OLX ada yang menjual tetapi hanya sebagian dari harga kisaran Rp.350.000 - Rp.400.000-an. Jika diantara kalian sudah merasakan bagaimana performa VGA ini dan merasa perbedaan?, saatnya mengupgrade PC kalian. Jika sudah merasa cocok, saatnya kalian mengumpulkan uang untuk upgrade VGA dikemudian hari. (GT 430 adalah produk yang masih diberi kesempatan untuk bisa upgrade drivernya, pastikan update driver kalian bagi pengguna 430)

Geforce 210 | 1 GB DDR3 | Kisaran Rp.300.000 - Rp.700.000 (Tokopedia / Olx)

Ini adalah VGA yang sudah banyak dipasang hampir disetiap komputer yang dibeli oleh orang tua kalian. "Kenapa penulis mencantumkan VGA ini kedalam daftar?", teman penulis mempunyai spesifikasi yang rendah, dan VGA yang dipasangnya adalah VGA ini, semua teman-teman penulis mengatakan kalau 210 cocok untuk edit foto, menonton film HD, dan kegiatan entertainment lainnya, dan sangat optimal jika digunakan dengan sistem operasi Windows 7. Dia mengatakan suatu saat nanti akan upgrade RAMnya (saat itu 2 GB), karena RAMnya rendah (VGA Masih 210) dan ingin memainkan GTA V, kemudian hari, dia mencoba memainkannya dalam keadaan RAM sudah diupgrade (8 GB dual-channel) dan lancar memainkan game GTA V sampai 30 FPS (Low). Dengan pengalaman penulis, maukah kalian membeli VGA ini untuk yang budgetnya pas? Di Tokopedia dijual kisaran Rp.500.000 - Rp.700.000, memang mahal yang dijual disana dikarenakan baru, sedangkan di OLX, dijual seharga Rp.200.000 sampai Rp.500.000 (Perlu diingat, VGA ini memiliki fitur 64 bit, tidak disarankan untuk terlalu lama bermain game rilisan tahun 2015 dengan lama)

VGA AMD Rekomendasi penulis

Radeon R9 Fury X | 4GB HBM | Kisaran Rp.7 Juta - 12 Juta (Tokopedia / Olx)

Mengejutkan, melihat dari harganya sudah tidak asing lagi, AMD memang menawarkan Harga murah tanpa mengurangi kualitas, dengan fitur Liquid coolingnya membuat VGA ini terasa dingin, kurang dari 13 Juta sudah mendapat VGA terbaru dari AMD ini, R9 Fury X di Tokopedia dijual kisaran Rp.7 Juta - 12 Juta dengan tampilan yang bervariasi dan menarik, sedangkan di OLX sampai saat ini belum ada yang menjualnya, jika kalian memiliki R9 Fury X dan ingin mengganti atau mengorbankan R9 Fury X untuk mengupgrade salah satu dari komponen yang kalian punya,(atau jika baik hati ingin memberi VGA ini ke teman :D ) jangan lupa dijual di OLX, karena belum ada yang memasang iklan produk ini.

Radeon R9 (270/270x/280x/380/380x/390x) | 2 GB - 4 GB DDR5 | Kisaran Rp.1 Juta - 6 Juta (Tokopedia / Olx)

Dikeluarga R9, memang tidak diragukan lagi performanya, setiap variant, bervariasi fitur serta harganya, dimulai dari R9 270 sampai 390x, Di Tokopedia dijual 2 Juta - 3 Juta, sedangkan di OLX, dijual 1 Juta sekian - 5 Juta , pastikan baca judul dan deskripsi dimasing-masing iklan, bandingkan dengan harga yang lebih rendan maupun tinggi dan bandingkan juga spesifikasinya dengan jeli.

Radeon RX 480 | 8GB DDR5 | Kisaran Rp. 3 Juta - 4 Juta sekian (Tokopedia Olx)

VGA ini sangat difavoritkan banyak pengguna High-End, karena tidak diragukan lagi kapasitas memory VGAnya, dan juga harganya yang fantastis sekali!, di Tokopedia masih dijual kisaran 3 Juta - 4 Juta sekian, sedangkan di OLX ada yang menjual dengan harga kisaran 3 Juta - Hampir 5 Juta. (Teliti sebelum membeli dan pastikan kalian menawar/minta nego pada saat transaksi di OLX)



Kenapa R9 disatukan daftarnya? karena banyak sekali variant yang ditawarkan di situs jual beli serta toko online, mereka menyisipkan seri yang berbeda jika mengetik "Radeon R9" dipencarian, jadi, paling terbaik adalah melihat sendiri dan coba sendiri untuk bisa membandingkan mana yang terbaik untuk kalian.

Penulis membuat kesimpulan, bulan ini, 4 VGA menduduki posisi yang pantas sebagai VGA paling top cer! di Dunia, dengan kesimpulan sebagai berikut:
  • Menurut hasil analisa diinternet dan lihat-lihat di Youtube, 1070 bisa disamakan dengan GTX Titan X dan GTX 980 Ti dengan setting yang sama disetiap game, jadi, pilihlah dengan bijak (bahwa VGA model dibawah 1070 saja bisa sama performanya dengan 1070 "cek harga")
  • Jika kalian ingin VGA tercepat di Planet ini? Geforce GTX 1080 Menang (karena paling terbaru, paling menguras kantong juga)
  • RX 480 ditawarkan seharga 3 Jutaan bahkan sampai 4 Jutaan, menawarkan performa  seharga 4 juta, jika kalian prefer untuk menambah budget, VGA seharga 4 Jutaan sudah cukup untuk mendapatkan performa yang mantap.
  • R9 380 Menawarkan performa 1080p dengan kualitas High plus dengan performa 60 FPS dikebanyakan game saat ini, dan tambah lancar lagi jika bermain Medium dengan kualitas 1080p, dan juga 30 Persen lebih lancar daripada GTX 960, dan klian harus siap budget 3 Juta.
Sebelum membeli VGA, pastikan untuk selalu cek internet, blog ini, tanya ke-teman yang tahu tentang VGA. Jika ada hal yang ingin di tanyakan sebelum meninggalkan artikel ini, tuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar. Kalian juga bisa memberikan pengalaman kalian terhadap VGA yang kalian gunakan atau kalian beli, setidaknya berkontribusi untuk membantu para newbie mencari VGA yang cocok untuk mereka.

Catatan: Jika artikel ini menjadi bahan referensi kalian saat ingin memilih VGA yang cocok. Link diatas menggunakan link short, yang mana jika kalian klik, penulis EG-ID mendapat jatah sedikit, dan menolong penulis untuk ber-usaha mencari harga sesuai dengan realita di website jual beli online yang penulis tawarkan (Tokopedia dan Olx)


No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.