Header Ads

PC BSOD Secara Mendadak? Ini yang Penulis Lakukan Saat Kejadian


Beberapa waktu lalu, komputer penulis mengalami kendala, yang menyebabkan penulis untuk tidak melakukan aktivitas blogging, problem ini hamper sama seperti pengalaman penulis sebelumnya pada artikel yang lalu, tetapi, kali ini berbeda 
Jika kalian sebelumnya membaca tentang Komputer penulis yang ke-restart sendiri, pada artikel ini, hampir sama. Penulis akan menceritakan sedikit pengalaman penulis mengenai judul dari artikel ini.

Pada saat penulis menggunakan komputernya untuk bermain Dota 2, tidak lama kemudian, pada menit ke 13, tiba-tiba muncul error BSOD, siapa yang tidak suka BSOD? tentu semua orang bahkan penulis pun sangat kesal jika tulisan berlatar biru dengan emotikon sedih ini muncul secara tiba2, kurang lebih seperti dibawah ini:

Awal perjalanan mengalami BSOD

ke-2 kalinya

ke-3 kalinya

Ke-4 kalinya

Penulis sempat berharap semoga ini yang terakhir

Dan Semuanya Tercatat disini

Mari masuk kedalam masalah

Penulis mendapatkan semua error melalui eksperimen test menjalankan program berat (dalam kasus ini, menjalankan Dota 2 dan Photoshop) serta tidak melakukan apa-apa terhadap komputer. Untuk menjalankan program berat, penulis memainkan Dota 2 selama sampai rentang waktu 5-13 menit, setidaknya mengalami BSOD seperti yang diatas 5x, sedangkan saat komputer didiamkan, munculnya BSOD bervariasi waktunya, dan bervariasi pula error BSODnya, seperti gambar yang diatas. Alhasil, penulis mencatat semua error yang terjadi saat melakukan eksperimen tersebut, lalu mencari kode errornya di internet.

Yang benar saja, tidak ada yang membantu di internet, apalagi mencarinya dengan kata kunci berbahasa Indonesia, kalian pasti akan ujung2nya disarankan untuk... ehem "ganti ram". Yang benar saja, ini sangat menjengkelkan, tetapi, penulis sempat mendapat pencerahan dari forum pembahasan komputer (thanks to tomhardware), disini banyak menjelaskan tentang terjadinya BSOD, BSOD yang dialami penulis tercantum juga di forum ini, rata2 mereka akan memberikan solusi sebagai berikut untuk semua BSOD yang dialami penulis:

  • Driver VGA yang outdated / kadaluarsa, perlu diperbaharui, ini berdasarkan BSOD yang muncul dengan kode error (tetapi penulis sudah melakukannya, tetap saja, masalah masih ada)
  • Mengganti Motherboard, menyebalkan, tapi bagi yang banyak duit? kenapa tidak? (tetap, masalah masih ada)
  • PSU bisa jadi penyebabnya, tapi bisakah kita menjadikan PSU itu patokan munculnya BSOD ini? (penulis tidak setuju, karena penulis merasa PSU bukanlah penyebabnya, masalah masih ada)
  • Mengganti RAM, haruskah kita mengganti RAM? boleh, tapi penulis menyarankan untuk meminjam teman terdekat, karena teman penulis tidak mau meminjamkan RAM, eehhh, mari kita longkap step ini (masalah masih ada)
  • Install Ulang Windows, karena posisi penulis waktu itu adalah 10, penulis mencoba install ulang windows 10nya, tetap muncul, bahkan ada kendala saat ingin booting melalui Flashdisk, saat ingin menginstall Windows 7, banyak sekali kendala seperti error yang muncul dan memerintahkan kita untuk restart komputernya, pokoknya, banyak kendala dan ingin melakukan install ulang saja sudah capek (tetap, masalah masih ada)
Dan itu rata-rata solusinya, tetapi, ada satu hal yang janggal dan paling tidak banyak dibahas, yaitu hanya sedikit yang memberi solusi dengan memanfaatkan slot RAM yang kosong pada motherboard kalian, beruntung, saat penulis mengganti Motherboard beberapa bulan yang lalu, penulis memilih Motherboard yang slot RAM nya ada 4 (umumnya 4 slot ram, minimal 2 slot ram), penulis mencoba untuk mengganti posisi motherboard yang awalnya ada di slot 1 dan 2 ke slot 3 dan 4
Awalnya RAM ditaruh di Slot
berwarna merah, dipindahkan
ke slot berwarna putih

Entah, setelah melakukan ini, tidak terjadi apa-apa, penulis mencoba test untuk mendiamkannya beberapa saat, alhasil, selama 3-5 jam, tidak terjadi apa-apa, dan penulis bisa mematikan komputer dengan semestinya.

Saatnya mencoba program berat, dalam hal ini, menjalankan Dota 2, sampai satu game selesai, tidak terjadi apa-apa, lalu penulis mencoba bermain sampai 3x match, tidak muncul BSOD.

Dan, terakhir, mencoba untuk melakukan Install Ulang Windows 10, tetapi penulis tidak akan install ulang lagi, setidaknya sampai ke Jendela Install itu sudah cukup dan normal, booting melalui Flashdisk lancar, tidak ada kendala.

Setelah melakukan semua test tersebut, penulis tidak lagi mengutak-atik posisinya lagi, tetapi, penulis akan memberi hasil kesimpulannya nanti, penulis merasa mungkin slotnya kotor atau bagaimana, yang jelas, saat RAM diganti posisinya, tidak lagi muncul BSOD seperti diatas.

Saatnya Kesimpulan

Saat ini, penulis belum melakukan apa-apa terhadap slot RAM ini, yang jelas, seperti yang disebutkan tadi, penulis tidak lagi mengutak-atik posisinya lagi, penulis merasa mungkin slot tersebut kotor, dan kebetulan, penulis belum memasang RAM ke slot yang baru sejak pertama kali mengganti Motherboard, penulis sampai saat ini belum membersihkan slot yang awalnya RAM tersebut terpasang (mungkin lain hari kalau tidak sibuk), penulis perlu mengingatkan, jangan terlalu bergantung terhadap Slot RAM, bila perlu, cari Motherboard yang sudah terbukti baik kualitasnya (kalian bisa konsultasikan ke teman atau orang terdekat kalian yang mengerti tentang hal ini), mungkin penulis melakukan ini, bisa jadi pertanda bahwa Motherboard penulis kualitasnya mungkin jelek (BIOSTAR TA770E3, 300 Ribuan). Jika tergantung terhadap Slot RAM, kalian akan bingung jika semua Slot RAM jelek, dan siapkah kalian untuk menghadapi BSOD setiap memakai komputer?, jadi pilihlah Motherboard dengan kualitas yang mantap.

No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.