Header Ads

Bagaimana Cara Memanfaatkan Sprint pada Game Open World


Game open World saat ini semakin besar wilayahnya, ada beberapa wilayah yang sangat memanjakan playernya pada saat mereka berjalan-jalan, tergantung dari seberapa mereka menikmatinya. Untuk menelusuri itu semua, diperlukan karakter yang memiliki kaki, kaki ini berfungsi untuk berlari kesana-kemari, tidak selamanya sprint itu terus-menerus, inilah yang menyebabkan para player ke-enakan berlari secara terus-menerus karena mereka menganggap bahwa ini adalah hal yang tidak perlu dipermasalahkan, tetapi, dipermasalahkan pada saat kalian berlari lalu karakter kalian kecapek-an, itu adalah masalah (pengalaman penulis). Penulis akan memberikan tips pada kalian, strategi apa yang sebaiknya dilakukan saat kalian terus-menerus mengeluarkan stamina dan efektif dalam memanfaatkan sprint.

Game open world mengundang kita untuk menjelajah lebih jauh lagi apa yang ditawarkan game open world itu sendiri, tak lepas yang namanya unsur realistis, karakter dalam game Open world bisa berlari, terutama pada game open world ada yang dinamakan "Sprint Meter", Penulis benar-benar tidak merasa masalah dengan sprint, karena penulis selalu menunggu beberapa detik untuk penuh sprint meternya sambil lari kecil, dan menggunakan sprint kalau saat sedang dalam bahaya, tetapi, "menunggu beberapa detik agar penuh Sprint Meternya" kedengaran seperti tantangan, penulis merasa saatnya untuk menggunakan taktik menggunakan sprint pada saat bermain itu penting.

Beberapa games, ada yang Sprint meternya tidak kelihatan, dan ada yang kelihatan, dalam beberapa game sprint disebut stamina, endurance, dan lain sebagainya. Intinya semua effect yang ditimbulkan dari yang barusan penulis sebut sama: memperlambat laju kalian untuk alasan yang menjengkelkan (seperti: "ah! abis stamina! *** "). Game yang memiliki unsur sprint meter antara lain Stalker, Skyrim, Fallout 4, No Man's Sky, dan Game Steam Early Access seperti Ark and Grave.

Berikut, penulis menjelaskan tentang bagaimana memperbaiki cara sprint kalian dengan efektif:



Habiskan staminanya sampai benar-benar habis

Ekspetasi saat karakter kalian berlari terus menerus sampai stamina benar-benar habis, karakter kalian bisa makan sesuatu lalu stamina bisa ter-isi kembali. Realitanya pada game open world, saat kalian lari terus menerus dan stamina benar-benar habis, yang kalian bisa lakukan hanyalah menunggu stamina ter-isi kembali (jangan harap makan bayam popeye stamina kembali penuh).

Sprint selama 15 detik, lalu lari kecil dan biarkan sprint meter terisi, lalu lari lagi itu tidak nikmat rasanya saat kalian menjelajah pada game open world. Untuk mengatasi ini, bisa mensetting tombol 1 kali sprint (toggling) atau dengan menahan tombol sprint adalah cara yang bisa kalian atur sendiri, bagaimana cara sprint kalian, tetapi, kalian harus menghadapi yang namanya capek, jika ingin menghindari yang namanya capek? yang kalian lakukan adalah melakukan hal sebagai berikut : 

Buat layaknya sprint meter dalam game itu mirip dengan fisik kalian

Player kadang tidak merasakan bagaimana rasanya menjadi karakter yang dikendalikan, terasa seperti disiksa. Beberapa game yang fokus dengan genre survival dan Role-Playing ingin karakter kalian tidak terasa seperti manusia super, setidaknya pada awal game, karakter kalian akan terasa lemah dan lambat, sebagai imbalan, tidak mati-mati, itulah yang terpenting, dan game seperti ini ingin kalian mandiri dan tumbuh seperti tumbuhan atau jalanan yang sedikit-sedikit tumbuuuuh dan sedikit-sedikit jaauuuuhh sampai kalian terasa seperti tuhan dalam game itu. Agar player tidak terasa seperti tuhan "banget", dibatasi kemampuan sprintnya akan masuk akal.

Tapi jika kalian penasaran bagaimana model karakter pada saat pertama kali main? penulis akan memberitahu kalian, model karakter pada awal permainan sangat kelihatan kuat, strong!, seperti seseorang yang mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, seperti karakter yang penulis mainkan, saat masih level 1 (bukan apa-apa) pada game Ark: Survival Evolved berikut :


Apakah karakter diatas kelihatan seperti orang yang tidak bisa lari terus menerus tanpa capek? Sebenarnya iya, sepertinya tidak untuk Far Cry 2 (game yang tidak lag di laptop penulis), adalah game yang salah satunya ke-enakan pada awalnya saja, bisa lari infinite terus menerus hanya untuk jarak yang tidak terlalu jauh, lalu kena malaria, dan walaupun masih terkena malaria, masih tetap bisa lari sprint?. Karakter Far Cry dengan penyakit malaria saja masih bisa jalan terus, daripada penulis yang tanpa malaria saja sudah ngos-ngosan (capek). Jadi, buat karakter kalian terasa fit dan rasakan bagaimana menjadi karakter yang ada didalamnya, jangan jadi karakter yang seperti kalian ngos-ngosan, lari lari, ngos-ngosan, lari lari lagi.


Pakai sedikit-sedikit staminanya

Game seperti Fallout 4 dan Ark mempunyai sprint meter, tapi dari segi Endurance atau Stamina, mereka lemah. Saat stamina kalian rendah, sebagai contohnya, kalian tidak bisa mengeluarkan attack yang penuh, terlalu capek dan lemah untuk fokus memukul lawan, kayu, kayu lapuk, atau sesuatu yang bisa dipukul dengan tangan. Sangat logis memang, tapi, kalau kalian pakai staminanya slow, lamban saja, sedikit-sedikit pakainya, saat kalian menghadapi sesuatu didepan kalian pada saat lari, kalian sudah ready alias siap untuk mengeluarkan semua kemampuan yang ada, jadi jangan cepat-cepat menggunakan sprintnya, tetapi pakai juga untuk mempertahan diri.

Biarkan Sprint meternya bertambah sendiri secara natural

Sama halnya seperti kita, saat kalian melakukan sesuatu yang sibuk dan lelah, kalian mesti istirahat untuk bisa kembali melakukan aktivitas tersebut. Jika hal ini terjadi di game? penulis akan berlari terus menerus siang dan malam agar penulis menjadi pelari yang handal (Jangan membuat penulis untuk memakai points exp atau point untuk menambah skill untuk sprint, didunia nyata tidak ada EXP Point atau Point Skill, janganlah terlalu bergantung pada point-point.), biarakan semuanya mengalir dan natural.

Memang, karakter kita butuh yang namanya skill point untuk menambah kemampuan (khususnya lari), terkadang menggunakan yang namanya skill point sangat menyenangkan dan membuat karakter menjadi mudah dikendalikan, juga membuatnya terlalu mudah dimainkan dan membosankan, saat karakter mendalami masa-masa level rendahan, kita menikmati waktu kita untuk sembaring mendapatkan skill point, yang mana bagian inilah yang seru, saat mendapatkan skill point dan menggunakannya untuk kepentingan lari lalu menggunakan point hasil kerja keras kalian untuk kemampuan berlari, kalian akan ketagihan untuk menaikan kemampuan sprintnya, tapi percayalah, jangan terlalu fokus pada skill ini dulu, karena sangat tidak seru dan menantang untuk game sekelas Open World. (Tidak ada yang bisa lari terus-menerus tanpa capek, tapi ada beberapa yang ke-enakan, diantaranya mereka yang sudah bosan dengan kemampuannya)


Kesimpulan: Jangan ketagihan menggunakan Sprint atau kalian dapat resikonya

Sudah lama penulis bermain game DayZ, tapi penulis sangat senang saat penulis bisa lari dengan kecepatan tiada tara kemana-mana. Disaat yang bersamaan, ternyata kemampuannya tidak menjadikannya sebagai manusia super. Setelah berlama-lama lari, penulis harus menunggu aim (kekeran) agar steady (nge-pas/fokus) dan mudah menembak musuh, kenapa harus menunggu? karena karakter penulis kecapekan. Dari sini penulis bisa menyimpulkan, System Sprint seperti ini membiarkan player bisa kemana-mana semampunya, tapi player harus ber-urusan dengan hasil dia melakukan sprint dan harus menerima hasil konsekuensinya melakukan sprint.

Dengan mengikuti statement penulis diatas, penulis yakin, walaupun sepele, tetapi pada saat kalian melakukan sprint dengan baik dan perfect, kalian akan merasakan manfaatnya, sehingga terasa menikmati gamenya tanpa menaikan sesuatu yang berbau kemampuan sprint. Tetapi, jika kalian menuruti ego kalian? jangan harap saat sebentar2 lari, kalian sudah menghadapi game over.

Punya cara kalian sendiri? share dikolom komentar dan share keteman kalian yang suka lari-lari di game open world seperti GTA V atau Fallout 4. Walaupun penulis melakukan diatas, tetapi penulis tetap menekan berkali-kali tombol sprint agar efektif :D, dan cara ini mencakup statement yang diberikan penulis diatas, kalian bisa lakukan cara tersembunyi penulis ini.


No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.