Header Ads

Manfaatkan Controller PS2 Kalian Untuk Bisa Digunakan di PC

PlayStation 2 Dualshock Controller Black

Pernahkah kalian berpikir tentang suatu saat stik PS2 akan terpakai dikomputer? memang terdengar aneh jika pemain yang sudah biasa main PS2 mendengar hal ini, "komputer kan gak punya slot untuk memasukan stik ps2?" ,bayangkan jika game olahraga seperti PES 2016 dirilis di computer tetapi membutuhkan controller/stik PS2? Komputer tidak punya colokan PS2!. (pasti kalian akan memikirkan stik Xbox?), jangan menyerah untuk tidak bisa melakukan apa-apa dengan stik kalian dan juga untuk apa mengeluarkan uang seharga 100 ribu keatas hanya untuk bisa memainkan game yang membutuhkan controller?.

Ada cara untuk memanfaatkan Kontroller PS2 lama kalian untuk bisa dipakai pada PC/Laptop, dengan membutuhkan hardware tambahan semacam "converter" kalian bisa mainkan game yang membutuhkan controller seperti ini. Oh, penulis akan membahas lebih dalam lagi tentang converter ini, dan Penulis akan memberitahu jenis-jenis converternya terlebih dahulu, ada Single Converter ada Dual Converter.

Single Converter



Seperti gambar diatas, converter jenis dipakai jika kalian memang selalu bermain game single player, Penulis mempunyai converter seperti diatas, tidak mahal untuk membeli barang seperti ini, tersedia di toko komputer dekat dimana kalian tinggal. Jika kalian ingin membeli barang ini di online? Tokopedia menyediakan variasi yang unik untuk converter jenis ini seperti warna yang banyak dan... ada stiker-stikernya, kisaran harga sekitar 20 Ribuan, sedangkan di Olx banyak yang menjualnya, tidak seperti tokopedia yang menjual berbagai variasi warna, di Olx hanya menyediakan warna hitam saja alias standard, 18 Ribu sudah cukup untuk membeli barang ini.

Twin Converter (Dual stick)
USB CONVERTER TO PS2(PLAYSTATION)
Jelas seperti gambar diatas, barang berwarna biru diatas itu adalah converternya, bedanya, converter ini bisa dipasang 2 buah controller, kalian yang sering main game bola berdua dengan teman kalian pasti sering melihat converter diatas. Converter jenis ini berbeda harganya dengan yang versi single channel, tersedia di toko komputer dekat tempat kalian, jika ingin memesan online, sediakan uang 25 Ribu untuk bisa memesannya di Olx maupun Tokopedia.

Converter diatas dijual bebas diberbagai toko komputer di seluruh Indonesia, tetapi, jika kalian tidak punya stik PS2? jangan beli Stiknya serta converternya, agar tidak mengeluarkan uang banyak , ingin simple-simple saja? kalian bisa beli stik ps yang versi USB, dijual bebas dimana-mana. ada yang single controller, ada juga yang dual controller (tetap menggunakan 1 usb, konsultasikan pada teman kalian untuk kontroller seperti ini). Tetapi jika kalian memang ingin membeli stik PS2 sekaligus Converternya? tidak apa-apa, tetapi harga lah yang membedakan (Kalian bisa pikir sendiri mengenai perbedaan ini).


Nah! sekarang, kalian sudah tau apa yang dibutuhkan untuk bisa memainkan game yang memang membutuhkan atau mencoba game komputer menggunakan controller PS2, tetapi, belum sempurna jika tidak ada yang namanya "translator", sama halnya printer membutuhkan driver, controller PS2 walaupun sudah diinstall drivernya, tetapi saat kita menekan tombol, tidak bekerja, kalian butuh yang namanya software emulator agar bekerja. Software ini bekerja dengan mentranslasikan tombol-tombol stik PS2 kalian seperti controller Xbox (karena game sekarang paling banyak dirilis untuk bisa kendalikan juga dengan controller jenis Xbox). Ada beberapa software emulator. Kalian bisa pilih dibawah ini:


Penulis menyarankan xbox360 CE, karena stabil dan penulis mempunyai wheel steer logitech (controller untuk mengendarai mobil), cocok untuk kalian yang mempunyai controller jenis lain.



Kebanyakan, kontroller yang digunakan adalah generic USB Controller, jika kalian mengalami masalah saat konfigurasi, coba tekan tombol stik yang kalian inginkan, otomatis akan mengeluarkan sinyal terang pada gambar stik di aplikasi diatas. Kalian bisa atur seperti gambar diatas, konfigurasi diatas adalah yang penulis gunakan saat ini.

Sedikit tips mendalam: tekan segitiga/1 lalu lihat pada aplikasi, apakah mengeluarkan sinyal terang pada aplikasi? jika kalian tekan tombol tersebut dan mengeluarkan sinyal pada tombol yang berbeda (misal bulat/2), ganti dengan cara atur Button Y (Segitiga/1) dan tekan Segitiga/1, otomatis Tombol bulat/2 akan kosong, alhasil kalian tidak ada fungsi saat menekan tombol bulat/2, atur button B dengan menekan bulat/2. Kalian akan merasakan kesamaan antara saat kalian menekan tombol dengan sinyal yang dikeluarkan aplikasi tersebut, lakukan seterusnya pada pengaturan tombol lain.
Jika masih bingung dengan cara yang sudah penulis beritahu, bisa gunakan konfigurasi dari penulis. Download lalu pindahkan pada direktori game kalian (contoh: jika kalian ingin menaruhnya pada game gta 5, copy file tersebut ketempat gta5.exe berada), sebelum langsung menggunakannya, pastikan buka aplikasinya terlebih dahulu, cek dengan menekan tombol pada stik kalian, untuk memastikan sesuai apa yang ditekan dengan sinyal yang ditimbulkan pada gambar stik di aplikasi. (Untuk aplikasi x360ce)

Penulis sudah mencoba ini dan memainkan berbagai macam game dengan stik kesayangan penulis ini, antara lain yang sudah dicoba:

Grand Theft Auto: San Andreas
Grand Theft Auto IV
Grand Theft Auto V (Terkadang lag saat berada di kota Los Santos, mungkin dibutuhkan spesifikasi diatas penulis, cek samping untuk spesifikasi PC penulis)
No Man's Sky (Aktifkan V-Sync dan Triple Buffering pada setingan GPU, bukan gamenya.  Untuk menghindari stuttering dan slow response pada saat bermain)
Just Cause 2
Just Cause 1
Mirror's Edge
Pro Evolution Soccer 2013
Pro Evolution Soccer 2015
Pro Evolution Soccer 2016
FIFA 15
FIFA 16 (Ada yang salah dengan konfigurasi tombol pada game (bukan aplikasi emulator stiknya), pastikan kalian update patchnya ke yang lebih terbaru)
Bully: Scholarship Edition
Resident Evil 4
Resident Evil 5
Resident Evil 6
Saint's Row: The Third
Saint's Row 4
Saint's Row: Gat out of Hell

Added 10/11/2018

Pro Evolution Soccer 2017
Pro Evolution Soccer 2018
Just Cause 3
Mad Max : Video Game

Jika diantara kalian mempunyai pertanyaan? atau saran? tuangkan ke kolom komentar, kami atau diantara pembaca akan menjawabnya dan memanfaatkan saran kalian. Pastikan cek artikel ini secara berkala untuk info update mengenai game yang kompatibel dengan stik PS2.



7 comments:

  1. maaf gan mau nanya, ane main gta 5 nih, pas ane colokin trus mulai game pasti gak bisa bacaannya "gta5 has stoped working" kalo gak ane colokin bisa, itu kenapa gan? mohon penerangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Alfin!

      Sampai saat ini penulis belum mengalami masalah seperti ini, tetapi, penulis akan mencari penyebab crash saat menggunakan controller USB, untuk saat ini, coba emulator yang lain selain yang penulis sarankan (selain xbox360 CE), sudah ada linknya diatas.

      Terima Kasih!

      Delete
  2. L sticknya gak ke detect waktu main GTA 5 pake joystick abal-abal, ada solusikah?

    ReplyDelete
  3. gan, ane baru beli joystick ps2 ama converter, udah ane install semua driver dr kasetnya.. waktu ane cek, indikator nyala tapi stick ane gk bisa ngapa2in.. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. Gan, kalo 4 stik sekaligus bakal terdetect ga?
    Jadi pakenya 2 twin converter.

    ReplyDelete
  5. gan ini stik ane pas dibagian mau setting di dalam x360 nya gk muncul warna2. cuma indikator hijau di atas yang ada tulisan controller 1 doang. ada solusi kah?

    ReplyDelete
  6. Kenapa saya belum bisa memainkan residen evil 4 yah. Pakai pcsx2 saya. Padahal saya main game teken baik baik saja di pcsx2 di pc

    ReplyDelete

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.