Header Ads

20 Pertanyaan Tentang No Man's Sky yang Terjawab Sudah

No Man's Sky, Hello Games
No Man's Sky, menjadi game paling memuaskan para playernya akhir-akhir ini, bagaimana tidak puas? game yang membiarkan playernya untuk pergi ke luar angkasa dan menjelajah galaxy lain adalah hal yang paling keren diantara game yang lain, membuatnya menjadi game yang paling diantisipasi pada tahun 2016 ini.

Game ini tempatnya sangat luas, sangat sangat luas!, game yang saya rasa tidak akan tamat-tamat karena ada miliaran lebih planet. Jika kalian sedang ber-istirahat, kenapa tidak menjelajah ke planet lain dan mencoba untuk "mencicipi" satu-satu planet diluar sana?

Penulis telah membuat daftar pertanyaan yang sering diajukan para gamers yang ingin sekali mengetahui lebih dekat tentang game ini, mengingat game ini "lebih" beda daripada yang lain, dan Penulis akan membagi pengalaman penulis sedikit mengenai game ini diakhir2 artikel, soo, keep readin'.

1) SEBERAPA LUAS GAME NO MAN'S SKY INI?

Kebanyakan orang menyebutnya bahwa game ini "infinite" tempatnya atau tidak terbatas, sebenarnya.. terbatas, tapi seperti infinite

"Computers don't really do infinity very well" atau Komputer tidak melakukan sesuatu yang berhubungan dengan "tanpa batas" secara baik, ungkap Sean (Creator dari game ini). Dan Sean mengatakan, kalau game ini beri-isikan 18,446,744,073,709,551,616 Planet di Alam semesta game ini. dan Sean mengatakan bahwa jika kalian mengunjungi planetnya satu-satu sebentar saja dan ingin menjelajah semua planet di game ini? membutuhkan sekiranya 585 Miliar tahun untuk bisa melihat planet itu semua.

Bagi yang bingung dengan angka 18,446,744,073,709,551,616? artinya No Man's Sky ber-isikan 18 Quintillion planet untuk dijelajahi. (Cocok untuk diteruskan turun-menurun dan generasi ke generasi hanya untuk menyelesaikan game nya)

2) BERAPA LAMA GAME INI DIBUAT?

Menurut beberapa sumber, No Man's Sky dibuat selama 6 Tahun, awalnya, sang Creator memulai project ini sebagai rahasia dan dia ingin mengerjakannya sendiri, makin kesini, banyak yang ikut project nya sang Creator sampai 4 orang saja sampai merilis teaser pertamanya pada Desember 2013.

Game versi Finalnya dikerjakan oleh 13 orang.

3) APAKAH NO MAN'S SKY GAME SINGLE-PLAYER?

No Man's Sky PS4

Nah, teman penulis yang suka game multiplayer menanyakan ini beberapa hari lalu setelah rilis NMS untuk PC, sepele, tapi mengandung kontroversi untuk menjawabnya, memang sangat mengesankan jika game yang memiliki tempat seluas ini bisa dimainkan secara multiplayer, tetapi orang ini mencoba untuk bisa bertemu dengan orang lain lewat game ini pada hari pertama rilis dan tidak berhasil saat tiba ditempat yang sama dan galaxy yang sama.

Creator nge-tweet tentang kejadian seperti ini, dia ingin menambahkan fitur scan untuk mendeteksi player lain di galaxy, tetapi, hari pertama rilis? sepertinya terlalu dini untuk yang menginginkan fitur yang besar saat hari pertama rilis belum terlalu sempurna, (semua butuh proses). Mungkin beberapa minggu atau hari mendatang akan ada patch yang menyisipkan multiplayer nanti.

4) JADI? BISA KETEMU PLAYER LAIN DONG?

Tunggu patchnya, penulis takut kalau menjawab iya atau tidak akan menjadi kontroversi di Studio Hello Games dan Internet.

Update 1: Sudah bisa melakukan multiplayer, sang developer tinggal memperbaiki kinerja server agar tidak terjadi masalah.

5) ADA STORYLINENYA?

No Man's Sky HUD

Ya, ada beberapa jenis storyline yang bisa diikutin disini yang mana akan memberikan target dan misi disetiap storylinenya, seperti mengikuti jejak misi Atlas, atau Mencari pusat dari alam semesta (Blackhole hunter!), atau melakukan misi untuk Alien yang kalian bisa temui saat diperjalanan.

Sebenarnya, kalian bisa berperan macam-macam disini, menjadi penjelajah alias Explorer, menjadi pedagang, tukang nyerang pesawat angkasa (space pirate), dan lain-lain, atau kalian bisa kombinasikan semuanya.

Intinya, "Kebebasan ada ditangan kalian" di game ini.

6) KENAPA UKURAN GAMENYA KECIL?

For those asking - size of No Man's Sky on disc is just 6GB. A lot of that is audio (⌐■_■)
— Sean Murray (@NoMansSky) July 10, 2016

Tweetnya Sean berlaku untuk PS4, untuk PC ukurannya tidak lebih dari 3 GB.

"Bagaimana bisa game yang isinya menjelajah planet sampai 18 Quintillion kok? ukurannya kayak game-game petualangan? kenapa ukurannya gak kayak GTA V? Bahkan lebih, Kenapa gedean audionya?"

Menarik, seperti yang dikatakan pada deskripsi gamenya pada website no man's sky:

"entire universe in the game is procedurally generated, with all the planets and worlds created using a complex system of maths and algorithms"

Artinya, semua alam semesta didalam game ini, dibuat secara otomatis alias auto generated, berikut planet dan dunianya dibuat menggunakan sistem kompleks matematika dan algoritma, yang mana kita tidak akan tahu seperti apa nanti dan apa yang akan dijelajahi nanti, karena dibuat otomatis menggunakan sistem tersebut. Tidak sebenarnya dibuat file planet/galaxy/dunianya satu persatu secara permanent seperti kebanyakan game, dan tidak memakan disc/memory.

7) BISA DIMAINKAN ONLINE?

Ya, bisa, tapi semua penemuan yang kalian temukan selama menjelajah tidak akan terupload ke awan untuk bisa dilihat orang-orang sampai kalian online lagi.

8) DI GAME INI, NGAPAIN YAK?

Seperti yang penulis sebutkan sebelumnya, semuanya terserah kalian, kebebasan ada ditangan kalian, tetapi ada beberapa kunci gameplay yang bisa memandu kalian seperti apa mainnya:

  • Explore - Menjelajah planet sebanyak 18 Quintillion itu tidak sebentar, tetapi bermain seperti penjelajah adalah hal yang menyenangkan!, seperti men-scan planet yang kalian kunjungi untuk mencari tanda-tanda kehidupan (flora dan fauna), jika kalian menemukan spesies flora atau fauna di planet yang kalian pijak? jangan lupa untuk memberi namanya jika kalian senang dengan apa yang kalian lihat? jika niat untuk memberi namanya pada setiap penemuan yang kalian temukan? maukah kalian menamai miliaran makhluk dan tanaman diseluruh alam semesta digame ini? (tentu tidak......)
  • Trade - Penulis sangat suka trading, berdagang adalah darah daging penulis, menukar sesuatu yang penulis punya dengan mata uang yang berlaku di game dan menukarnya lagi dengan barang yang penulis cari selama ini. Trading ini adalah unsur vital dan peran penting dalam game ini, mempunyai sistem per-ekonomian dan harga yang ditawarkan saat membeli atau ingin menjual sangat bersaing dengan agen dan pedagang lain. Item yang kalian temukan saat menjelajah berguna untuk dijual yang mana menolong kalian saat menjelajah, bahkan bisa merakit item lalu dijual lagi untuk mencari duit dan membeli barang yang kalian butuhkan untuk menjelajah.
  • Surivive - Semua galaxy, planet, laut, dan goa dipenuhi makhluk yang jahat, jika ingin bertahan hidup dan tidak ingin item-item rare kalian ditangan musuh atau ingin melawan makhluk yang jahat dan haus akan item-item yang kalian miliki? kalian bisa menginstall teknologi pesawat terbaru untuk kepentingan defensive (pertahanan), attacking (menyerang)
  • Fight - jika mau, kalian bisa pancing orang baik-baik untuk bisa tembak menembak di luar angkasa, atau menjadi bajak laut(an angkasa), mencuri sesuatu dari alien, menghancurkan habitat planet, membunuh hewan pemakan daging, atau.... pokoknya! kalian pancing saja dengan berbagai cara yang biasa dilakukan didunia nyata. (seperti alien mengedip-ngedipkan mata dan tiba-tiba melotot ke helm kalian, dan kalian memilih menari-nari saat alien itu memperhatikan) "Stupid things ever!" kalian akan dipukul dan HP berkurang atau? siap-siap disergap hewan pemakan daging! (pengalaman penulis)
  • Learn - banyak sekali kelompok atau koloni alien yang tersebar diseluruh galaxy dan harus mempelajari sesuatu dari koloni yang tersebar tersebut untuk membuka kesempatan menjelajahi galaxy lain dan bertemu sesama koloni alien atau yang lain. Atau? mempelajari bahasa masing-masing koloni alien? menolong kalian untuk bisa melakukan interaksi dengan artefak atau kuil misterius diseluruh galaxy.
9) APAKAH SEMUA PLANET ITU SAMA?

No Man's Sky, Hello Games

Menurut penulis, tidak, masing-masing mempunyai keunikannya tersendiri. Beberapa ada, tapi jauh disana, tetapi setidaknya kalian bisa menemukan bahan-bahan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pesawat kalian, ada planet yang tidak ada hewannya sama sekali, ada yang tidak ada tumbuhannya sama sekali, (atau bahkan semuanya?)

Tetapi, mengikuti aturan sistem planet, jika planet makin mendekat dengan matahari, biasanya planetnya kering dan panas, atau radiasi isinya bahkan toxic nya tinggi dan unsur kehidupan jarang-jarang, jika planet makin jauh dengan matahari? biasanya terdapat banyak unsur kehidupan didalamnya, yang mana makin dingin jika makin jauh dari matahari.

Dan, jangan lupa!, masing-masing planet mempunyai musim, sistem cuaca, dan mempunyai waktu siang dan hari. Sebagai contoh: jika kalian terbang ke bagian planet yang terkena sinar matahari lalu kalian pijaki, akan siang, jika kalian pergi kearah gelap yang tidak terkena sinar matahari, akan malam. Disinilah yang menarik, beda waktu/cuaca/musim, beda hewan dan tumbuhan atau bahkan akan ada yang jarang keluar hewannya kalau malam karena hewan-hewan siang pada tidur, tapi biasanya hewan yang keluar malam, hewan yang jarang ditemui di siang hari.

10) BISA NYASAR GAK?

Wow, karena planetnya luas banget! kalian hanya bisa melakukan ping atau komunkasi sedikit dengan pesawat kalian dengan radius yang terbatas, ya, kalian bisa nyasar. (jangan jauh-jauh mainnya)

Sang Creator memberi pencerahan sedikit, kalian bisa menekan tombol untuk men-scan apa yang ada disekitar kalian (termasuk pesawat kalian) dan akan menunjukan sesuatu yang ada disekitar dengan ikon kecil dilayar, termasuk pesawatnya juga.

No Man's Sky, Hello Games

Penulis setuju dengan statement seperti ini, ini adalah moment paling extreme dan tantangan juga untuk penulis yang menjelejah, fakta: misalkan turun disebuah planet, dan masuk kedalam air dan menjelajahi dunia air dan pulau ke pulau selama 10 menit dan didalam pikiran berkata "kemana pesawat gue yak?" kalian akan balik menuju ketempat yang "kalian kira" tempat kalian memarkirkan pesawatnya, (makan 10 menit lagi) dan nyasar tak tau dimana, dan bagian inilah yang menguras ingatan kalian.

Penulis suka dengan bagian ini, karena orang-orang hanya bisa memainkannya dengan asal-asalan tanpa mengetahui bagaimana nanti terjadi jika kalian melakukan ini dan tak tau resikonya kalau main cuman asal-asalan (turun diplanet, liar-liar kagak tau dimana pesawatnya, yang ada nyari-nyari makin jauh karena gak inget), coba untuk berpikir dan bayangkan, kalian sedang melihat seseorang bermain game ini selama 3 - 4 jam, kalian bisa lihat orang ini ingin membuat tanda bahwa orang ini memijaki planet ini untuk pertama kalinya, dan markirin pesawatnya disamping pohon atau apapun itu. Bagian inilah yang paling terbaik karena menjadi terasa dunia dan kehidupan planet yang nyata.

11) BISA MATI?

No Man's Sky, Hello Games

Oh, penulis akan memberi tips bagaimana cara mati

  • Tantang robot (Sentinel) yang sedang patroli diplanet2 dan kalian akan mendapat wanted level (seperti di GTA) dan bersiap-siap untuk menghadapi gejolak pasukan patroli sentinel sampai level 5, kalian bisa kabur, bisa tembak mereka (kalau mau) atau kabur ke pesawat, dan buru-buru terbang (jika kalian mendapat level diatas 2, jangan harap kalian bisa kabur dari planet atau galaxy lain)
  • Godain hewan-hewan karnivora
  • Pergi ke planet yang tingkat radiasi, toxic, musim panas yang extreme atau musim dingin yang extreme, yang akan bisa membenuh kalian dalam beberapa menit (tidak sampai 3 menit) "tergantung baju exo kalian"
  • Ditembakin pesawat luar angkasa lain dan gak berkutik apa-apa
Jika kalian mati? itu bukan game over, hanya mati seperti mirip-mirip game Dark Souls

Habis mati, "Kuburan" kalian akan ditandai dengan ikon, dan kalian akan diteleport ke Stasiun Luar Angkasa terdekat pesawat berikut playernya, kuburan kalian isinya adalah inventory kalian. Jika kalian ingin kembali lagi item-itemnya, pergi ke ikon "grave" atau kekuburan kalian pada radar.

12) ATLAS ITU APAAN?

No Man's Sky, Hello Games

Atlas adalah semacam ensiklopedia besar tentang semua kehidupan di game No Man's Sky. Logo pada game cover atau ikon pada game adalah simbol dari Atlas. Atlas menyimpan berbagai penemuan dan database dari semua galaxy dari seluruh alam semesta yang dipilih untuk bisa dishare dengan makhluk lainnya.

Misi Atlas bisa menjadi pilihan terbaik jika kalian ingin menjelajahi alam semesta dan mengetahui misteri itu sendiri dan ingin mendapatkan reward yang besar.

13) APA ITU GALACTIC MAP (PETA GALAXI)

Peta galaxi adalah peta alam semesta yang bisa kalian kunjungi satu persatu, bisa dimanfaatkan untuk mencari teman/player lain dan sedang berada di galaxi mana mereka?, tapi mereka sangat jauh dan kalian akan tidak bisa menuju ketempat mereka. (karena alam semesta ini sangat luas)

14) ADA ALIENNYA?

No Man's Sky monolith, Hello Games

Ada, makhluk yang memiliki tingkat intelijensi tinggi ini tersebar di seluruh galaxy dan alam semesta, biasanya tempat mereka ada di pos (outposts), dan bangunan-bangunan lainnya.

Kalian tidak bisa langsung komunikasi dengan mereka saat pertama-tama memainkan game ini, kalian harus menjelajahi dan menemui kuil atau artefak untuk unlock bahasa mereka untuk bisa dipelajari player, jadi, "istilahnya" jika kalian berkomunikasi dengan koloni mereka, tidak cacu/kaku untuk pilih jawabannya. Jika kalian salah komunikasi dikit saja, mereka bisa melawan, bahkan marah, jadi, kalau sudah sampai pada tahap itu, lebih baik menjauh dari mereka jika kalian tidak nyaman dan tahu.

Jika kalian niat untuk mempelajari bahasa, coba untuk berkomunikasi dengan mereka dengan baik, lebih baik berkomunikasinya, lebih baik juga pertemanan antara beberapa koloni alien.

15) SEPERTI APA MAKHLUK HIDUP DILUAR SANA?

Kalian suka spoiler? oke lanjut, Setiap populasi planet dibuat secara otomatis, hewan-hewannya unik, dan mempunyai ukuran, bentuk, warna, dan jenis hewan yang berbeda, berikut nama-nama hewannya juga dibuat secara otomatis. Dengan software yang diprogram dan dibuat Hello Games, bisa membuat model suatu makhluk yang mengubah ukuran dan bentuk berikut ukuran dari makhluk itu agar kelihatan pas dengan badannya secara random.

Hewan-hewan diplanet bisa menyerang kalian, tapi kalau kalian serang mereka duluan, akan ada Robot sentinel yang sedang berpatroli akan menyerang kalian. Ini adalah jalan terbaik seperti menakut-nakuti hewan atau lari kalau ada hewan yang nyerang, karena kalian sudah berperan untuk mengimbangi sistem ekosistem natural diplanet.

Kebanyakan, ada hewan-hewan yang menjalankan kegiatan rutinnya, biasanya kalian akan melihat aktivitas hewan memakan hewan lain. Tapi, tidak seperti Planet Bumi, kalian akan menemukan puncak rantai makanan untuk spesies seperti kalian.

16) BAGAIMANA CARA KERJA CRAFTING?

Crafting adalah salah satu fitur bertahan hidup di game ini, kalian harus melakukan crafting untuk meng-upgrade pesawat, exosuit (baju), dan senjata. Ketiganya mempunyai beberapa slot inventory masing-masing - jumlah slot tergantung dari tipe senjata, pesawat, dan suit yang kalian punya.

Mengambil zat-zat tanaman adalah hal yang terpenting, biasanya untuk mengisi bahan bakar pesawat, dan menambah bahan proteksi baju.

Ini adalah game survival yang lebih "kejam" daripada game survival yang kalian pikir, bahan-bahan yang terbatas dan jarang-jarang ada akan kalian alami jika suatu saat ingin mengupgrade suatu teknologi.

18) BISA GANTI PESAWAT?

No Man's Sky, Hello Games

Tentu!, kalian bisa upgrade pesawat yang kalian punya saat ini, atau, beli pesawat baru yang ada di Stasiun Luar Angkasa, atau mencari pesawat yang sudah jatuh dan perbaiki pesawat tersebut agar bisa diterbangkan.

Setiap pesawat menawarkan slot inventory yang banyak untuk slot upgrade dan menempatkan item, kecepatan yang berbeda, kemampuan manuver, kemampuan lepas landas dan kekuatan senjata.

Tips untuk kalian, kalian tidak bisa mempunyai pesawat lebih dari satu, jadi, pikirkan terlebih dahulu sebelum membeli, tergantung dari kebutuhan kalian. pesawat dengan slot inventory yang banyak, biasa untuk trading (dagang), untuk kalian yang mencari pesawat untuk berperang, kalian butuh pesawat yang kecilan, dengan slot inventory (yang biasanya) sedikit, untuk yang suka menjelajah, biasanya pesawat yang sudah terinstall Hyperdrive (teknologi untuk syarat bisa pergi ke galaxi lain) dan diupgrade adalah pilihannya.

19) MATA UANG YANG DIGUNAKAN DI IN-GAME?

Units, adalah mata uang yang digunakan diseluruh galaxi di alam semesta, kalian bisa mendapatkan Units dengan cara trading item (membeli item dan menjual item), hunting tukang bajak pesawat luar angkasa (biasanya dapat bounty), upload hasil jelajah ke Atlas, dan lain-lain.

20) UNTUK APA ATLAS STONES INI? NYAMPAH-NYAMPAHIN INVENTORY!

Pertama-tama, jika kalian mengikuti misi Path of the Atlas? kalian akan mendapatkan batu merah berkilau, Atlas Stones. Tapi, sebelum kalian menjualnya, berpikirlah, kalau item yang kalian dapatkan itu, berguna.

Menurut dari "beberapa orang yang gila dengan game ini", mereka membuat cara bagaimana cara pergi ke pusat dari alam semesta. Dengan mengumpulkan Atlas Stone sampai 10 biji. Penulis tidak akan melakukan spoiler yang sangat vulgar disini, tapi, jika kalian INGIN sekali tahu, tonton video dari website kotaku yang penulis dapatkan dibawah ini.


Jika kalian punya pertanyaan (berikut jawabannya) tentang game yang sangat membuat player menjadi "hype" ini, kolom komentar adalah jalan terbaik untuk mengeluarkan isi pikiran kalian mengenai artikel ini.

Selamat menjelajah "Traveller"

~R

No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.