Header Ads

10 Alasan Kenapa Berhenti Membeli Game Versi Fisik Alias Kaset



     Walaupun perusahaan besar seperti Sony, Steam atau Microsoft menawarkan konten layanan berbasis digital yang bisa didownload, orang-orang tetap masih memasukan CD atau Catridgenya kedalam PC atau Konsol mereka, diantara mereka tidak tahu kalau resiko yang dihadapi akan berdampak buruk dan menyebalkan jika tetap menjadikan CD menjadi media instalasi pada sebuah game. Berikut penulis akan memberi alasan kenapa berhenti untuk membeli game versi fisiknya :

1) Waktu Yang Dibutuhkan Pada Saat Instalasi


Kecepatan baca data Hard Drives (HDD) lebih cepat daripada Optical Drives (CD, atau sejenisnya), beberapa konsol seperti Nintendo Wii, menggunakan Solid State Drives (SSD) yang mana lebih cepat daripada HDD!, sebagai hasilnya, Optical Drives memerlukan proses dari yang namanya laser optic, dan membaca piringan CD yang berputar, sebagian dari kita mungkin akan berpikir "kecepatan install tergantung seberapa cepat berputarnya CD", jika CD berputar lebih cepat, penulis berpikir tidak baik, karena bunyinya yang "bikin gak enak didengar" dan bersifat memaksa, kalau "kecepatan perputaran CD normal atau lambat" berarti prosesnya tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan, jika sudah begini? menambah waktu yang dibutuhkan pada saat instalasi dan bisa jadi membuat kalian berpikiran bahwa tidak jadi memainkan game ini.

2) Ganti-Ganti Disc


     Penulis berpikir kalau Blu-Ray bisa menyimpan data lebih daripada CD, Pernah melihat Final Fantasy XIII atau GTAV di toko kaset PC sekitar kalian? sudah memegang setebal apa bungkus discnya? artinya, kalian memerlukan proses yang namanya Disc Swapping alias gonta-ganti disk, penulis merasa ini akan merusak Discnya dan CD/DVD ROM-nya, tetapi kita akan dibingungkan antara kepentingan "seberapa besar ukuran game ini didownload?" dengan "seberapa banyak disk dan berapa kali kita harus memasukannya kedalam CD/DVD ROM?", kalau suatu hari nanti developer akan membuat game yang berukuran 500 GB, akankah "seseorang" niat untuk membuat 20 Disk Blu-ray atau 50 Kaset bahkan lebih? kalian ingin download atau?, uhhm jangan bingung bagaimana kalian bawa pulang CDnya.

3) Salah Satu Game Data atau Lebih,Hilang Selama Proses Install


     Backward Compatibilty adalah fitur dimana jika suatu game memiliki data yang korup selama proses insatalasi atau pada saat main, bisa didownload ulang dengan mendeteksi file/data mana yang hilang atau korup, lalu didownload ulang file/data yang hilang/korup tersebut. Kita beruntung memiliki fitur ini, bagaimana dengan CD? jangan ditanya, jika kalian mempunyai game yang diinstall dari CD dan salah satu data/filenya hilang, kalian harus install ulang atau beli CD game baru yang sama agar bisa dimainkan kembali. (Penulis sering mengalami hal ini dalam instalasi GTA V), dan jangan berharap kalian bisa mencarinya di google.

4) Susah Untuk Mencari Mods untuk Game yang memerlukan CD


Kalian tahu sesuatu yang menarik dari Komunitas PC Gaming? Mod-nya, kebanyakan Mod yang dibuat dipasang di game yang sudah ada di HDD, bagaimana dengan versi CD? Ada game yang memerlukan CD agar bisa jalan, dan sepertinya susah untuk supaya suatu mod yang bisa dipasang di game yang memerlukan CD agar bisa berjalan, tapi kalau bisa? setidaknya tanpa ripping data gamenya, mengubah seisi data, reburning. dan memodding konsolnya atau apapun itu supaya bisa memainkan game yang memerlukan CD.

5) Mengalami hal menyebalkan jika ingin bepergian


    Kalian akan merasa repot, coba untuk berpikir, kalian akan bermain PS2 atau membawa semua game PC ketempat teman kalian, kaset yang kalian punya sangat banyak, tak tanggung2, kalian harus punya yang namanya Disc organizer atau case untuk menaruh2 disc game (biasa dipakai untuk menaruh kaset PS2), dengan harapan mudah membawanya, walaupun begitu, tetap saja kalian memegang2 juga, dan agak berat untuk membawanya, belum nanti bawa konsolnya, repotnya bukan main-main. Kalian tidak perlu melakukan ini semua, hanya butuh sebuah akun dan login dari konsol lain, semua daftar game kalian sudah ada disana, untuk orang-orang yang sering jalan-jalan, alasan inilah kenapa tidak perlu membeli CD Game.



6) Tidak Bisa Langsung Dimainkan


     Sub-Judul diatas sudah mencakup alasan pertama mengapa berhenti untuk membeli versi fisik, jika kalian mempunyai hawa nafsu yang tidak main-main untuk memainkan game yang sudah kalian beli? CD sudah tidak cocok lagi dengan tipe orang seperti ini, (jika kalian penyabar, mungkin jangan ambil alasan ini), jika kalian memesan CD dari EBay atau Amazon pada tanggal rilis sebuah game? kalian harus menunggu proses shipping/pengantaran sampai game itu tiba, berharap saja gamenya tiba pada saat jatuh tanggal rilis, keesokan harinya atau beberapa hari kedepannya, jadi tidak merasa puas, karena kita ingin memainkan gamenya secara langsung pada saat rilis itu juga, (sama halnya seperti kasus Clash Royale, jika tidak langsung dimainkan selama tanggal rilisnya, kalian akan ketinggalan jauh trophynya dari pemain-pemain lain dan ingin menjadi "terkenal" di leaderboard, karena pada saat itu Indonesia belum kebagian rilisnya)


     Kembail lagi, kepermasalahan akses langsung ke game, dengan cara membeli digital, kalian bisa download selama server masih diupdate, yang mana bisa kalian tinggal tidur, setelah selesai, install tak perlu lama-lama, dan langsung mainkan. Bagaimana dengan CD? Menunggu sampai ketempat tujuan, proses installnya yang lama, baru mainkan, belum kalian akan mengalami gangguan yang sudah penulis sebutkan, wiiiw.

7) Makan tempat


     Jika kalian ingin memamerkan koleksi game kalian dari seluruh konsol? sebagai gamers, ini adalah cara paling baik dengan menyusun game-game versi fisik seperti gambar diatas dan memamerkannya keteman kalian, tetapi dengan cara yang praktis atau tidak ingin pamer-pamer, game-game digital yang kalian beli bisa diorganisir, hanya perlu joystick atau mouse untuk mencari game yang disukai, kalian bisa melihat perbedaanya antara menggerakan joystick atau mouse dengan memanfaatkan otak(mengingat dimana kalian menaruh gamenya?) dan tangan (bagaimana cara mengambil kaset yang ada di rak lantai 6 yang tingginya tinggi banget!?).

8) Ada Baret-Baretnya



     Jika kalian sudah membaca semua alasan kenapa tidak membeli game versi fisiknya? dan menemukan kata rusak? inilah yang dikatakan sudah "hampir" rusak, CD Baret atau Katridge kotor, akan menimbulkan kegelisahan, seperti mengalami gangguan yang tidak diduga-duga selama menggunakan kaset atau katridge, misalkan,jika ingin menginstall game dengan kaset lalu tidak bisa-bisa, otomatis kalian harus beli ulang atau menukarnya (semoga saja boleh ditukar), dengan download digital, yang dilakukan hanyalah redownload/download ulang.

9) Tidak mudah untuk mengelola game versi fisik


     Dengan versi digital, hanya perlu memanfaatkan fitur filtering atau pengurutan,misal diurutkan sesuai Alphabet, atau Paling sering dimainkan, atau juga genre. Betapa mudahnya hanya klik dan klik saja, bandingkan dengan cara mencari game versi fisik, cari kasetnya.... cari kasetnya....., penulis berharap kalian tidak mempraktekannya.

10) Harganya Murah Tapi...


     Inilah alasan yang mewakili 9 Alasan mengapa berhenti untuk membeli game versi fisiknya? Murah tapi kalian harus menanggung 9 resiko yang disebutkan diatas. Tidak salahnya menghargai kerja para developer dari game yang kalian sukai, setidaknya mereka akan berinovasi kedepannya untuk game favorit kalian suatu saat nanti.


     Baiklah, mungkin sudah 10 Alasan mengapa untuk tidak membeli game versi bajakan, kalian akan merasakan bedanya bagaimana versi digital bekerja dengan versi "repot" yang sudah penulis sebutkan diatas. Jika ada yang kurang? mungkin bisa tambah dikolom komentar? penulis akan memasukannya kedalam artikel ini. Ingat, jangan keseringan download yang bajakan, coba sesekali beli, setidaknya mereka akan berinovasi kedepannya untuk game favorit kalian suatu saat nanti.

~R





No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.