Header Ads

Yang Harus Kalian Ketahui Dalam Memilih Power Supply (PSU)

power supply bagus dan tepat

     Dimulai dari kejadian komputer ter-restart sendiri, komputer kalau dinyalakan tidak mau booting. Setelah mencari kesana-kesini, dan memanfaatkan google, salah satu penyebab tersebut adalah berawal dari bagian komputer yang mengatur daya listrik keseluruh komputer yang bernama Power Supply/PSU. Penulis mengalaminya saat menggunakan komputer pagi ini. PSU Penulis awalnya adalah Crossair berdaya 250 Watt.
Komputer yang penulis gunakan, mengunakan PSU dari sananya, berbarengan dengan CASING CPUnya, penulis menyarankan PSU tidak dipilih si-penjual, tapi kalian lah yang memilih


      Sekilas tentang power supply merupakan komponen utama agar suatu komputer dapat menyala. melalui power supply lah seluruh peripheral komputer mendapatkan energi listrik sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Jangan menganggap remeh power supply, sebab kesalahan dalam memilih power supply akan berakibat merusak komponen dari komputer kalian.



     memilih power supply yang bagus dan tepat akan menjamin komponen komputer akan berumur lama, apalagi bagi komputer rakitan dengan spesifikasi tinggi (biasanya untuk design, game, multimedia) maka power supply yang bagus dan tepat sangat dianjurkan. berikut tips memilih power supply yang bagus dan tepat.


1) Komputer yang dibutuhkan, sesuai Daya (watt)


     cari power supply yang memenuhi daya yang dibutuhkan oleh komputer. Jika memilih daya yang rendah, sudah dipastikan kalian tidak bisa menyalakan system dengan lancar, ingat! dapat merusak hardware selain PSU, pilihlah sesuai dengan masing-masing konsumsi daya komponen komputer. Era saat ini, CPU dan VGA lah yang paling nge-trend dalam dunia komputer, jadi, sesuaikan dengan komponen yang satu ini.

     Sebagai tips, kalian bisa memanfaatkan Kalkulator Power Supply untuk menjumlahkan berapa daya yang harus dibeli sesuai dengan komponen dan masing-masing daya yang kalian pilih. Jika kalian merencanakan overclock pada hardware yang kalian pilih, kalkulator ini menyediakannya, seberapa kuat overclock pada CPU, GPU, Memory, dan menampilkan hasil wattnya.




2) Pilih yang Mahal


     Pilih power supply yang bagus, ingat slogan ada harga ada kualitas. jadi, jangan asal harga murah kalian langsung tergiur.



3) Terkenal adalah Pilihan


     Pilih power supply dari merk yang sudah terkenal dan terpercaya. misalkan seasonic, Digital Alliance, dll.

4) Ber-sertifikat


     Usahakan memilih yang sudah memiliki efesiensi yang baik, sertifikat broze (minimal), yaitu sertifikat yang diberikan karena efisiensi diatas 80%. semakin tinggi nilai efisiensi akan berdampak pada umur komponen dan tentunya biaya listrik kalian.

perlu diketahui, power supply yang telah memiliki 80+ bukan sembarangan. tahapan demi tahapan harus dijalani agar mendapatkan sertifikasi untuk lolos. Alasan itulah mengapa kalian harus memilih power supply berlabel 80+.


Berikut hasil kalkulator PSU sesuai dengan hardware yang terpasang pada komputer penulis:

OuterVision PSU Calculator part list

Type Item
Motherboard Desktop
Socket Socket FM2+
CPU 1 x AMD Athlon X2 450
CPU Speed 3400MHz
CPU Vcore 1.02V
CPU Utilization 90%
Memory 1 x 2GB DDR3 Module
Memory 1 x 2GB DDR3 Module
Video Card Set 1 1 x NVIDIA GeForce GT 430
Core Clock 700MHz
Memory Clock 800MHz
Storage 1 x SATA 5.4K RPM
Optical Drive 1 x DVD-ROM Drive
Other Device 1 x USB 2.0 Device
Keyboard 1 x Standard Keyboard
Mouse 1 x Gaming Mouse
Fan 1 x 80mm
Fan 1 x 60mm
Computer Utilization 8 hours per day
Load Wattage 189W
Recommended Wattage 239W
Amperage +3.3V: 8.2A, +5V: 10.2A, +12V: 13.3A
Recommended UPS Rating +3.3V: 400VA
Generated by OuterVision PSU Calculator 2016-07-24 06:40:40

    Perlu diketahui, penulis memasang PSU Crossair berdaya 450 Watt, karena ditakutkan, era saat ini hardware makin berkembang, daya listrik makin banyak dikonsumsi, jadi, saat penulis planning untuk meng-upgrade sebagian hardware dari komputer, tidak perlu panik dengan PSU,

     Semoga bermanfaat tips memilih power supply yang bagus dan tepat dan dapat dijadikan referensi agar hardware maupun software akan menjadi awet.

No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.