Header Ads

Komputer Penulis Sering KeRestart sendiri! Apa Penyebabnya? (Termasuk tidak bisa Booting)



     Sudah 2 Hari penulis menikmati PSU barunya, tetapi, hal janggal masih saja tetap terjadi. seperti pada artikel sebelumnya, penulis mengalami PC yang restart sendiri, tanpa adanya pesan error, BSOD, atau pesan yang memberitahukan kalau komputer baru saja mati?,sungguh aneh, padahal sudah diganti PSU, masih ada lagi problemnya? (apakah saya sudah buang-buang duit?).

     Ada teman yang mau sekali share pengalaman selama dia punya komputer, teman penulis ini pernah mengalami ini, lalu dia sempat memberi statement bahwa PSU lah penyebabnya, tapi setelah dia mengganti PSU, masalah restart sendiri sudah hilang. Lalu saya bingung, kenapa saya ganti PSU, masalah saya tidak hilang?, penulis sudah melakukan cara-cara yang internet bilang (kebetulan dia menyarankan untuk cari-cari diinternet, ugh!), seperti....:

Coba untuk cek satu persatu cara dibawah, memastikan cara dibawah adalah problem solver kalian, penulis mengalami reboot sendiri mulai dari saat komputer boot up, sesudah boot up, saat di BIOS, Safe Mode, semua jenis Safe Mode, sampai di menu recovery.

Catatan: Dimohon untuk selalu memutuskan aliran listrik pada CPU berikut juga komponen seperti Mouse, Keyboard, Monitor, dan berbagai perangkat lainnya yang terhubung, gunakan gelang anti-statis (jika ada) untuk menghindar EDS, dan jangan sering menyalakan PC jika situasi seperti ini, yang ada menyebabkan seluruh hardware didalamnya rusak (Tidak disarankan). Disarankan untuk cari penyebab diinternet sebelum kontak dengan PC yang bermasalah, bacalah artikel ini sampai habis, praktekan dengan hati-hati, jangan terlalu nafsu. Semua yang dilakukan penulis adalah pengalaman yang tidak patut diikuti) dan juga Perlu diperhatikan, Hanya untuk yang masalahnya Restart > tetapi tidak langsung booting setelah shutdown secara tiba2 (Layar mati) dan CPU masih berjalan
1) Hardware Problem (RAM)

RAM bisa jadi penyebab komputer restart sendiri, ada yang mengatakan kalau pin RAM nya kotor atau terjadi masalah seperti ada yang bengkok atau apapun itu, penulis sudah cek RAM, sudah membersihkan pin-pinnya. (Masalah belum terselesaikan)

2) Hardware Problem (Motherboard)



Penulis berpikir, Motherboard tidak melakukan apa-apa sebelumnya pada PC penulis, penulis yakin, masalah pada Motherboard tidak terlalu serius. (Masalah belum terselesaikan)



3) Overheat

paling sering dibicarakan, "mengapa komputer saya sering mati jegleg, terus nyala lagi yak? padahal pemakaian normal?","itu gara-gara kepanasan" bilang teman penulis. BAGAIMANA bisa komputer yang penulis biasa pakai 8-10 Jam tidak mati-mati, semua fan berjalan lancar, jadi tiba-tiba mati? penulis sudah menge-cek suhu tempratur pada CPU melalui BIOS (Untuk masuk BIOS, beda cara, Tombol Del untuk penulis jika ingin masuk BIOS saat Boot post mulai), suhunya 40-60 C'. Lalu penulis mencoba membongkar PC lagi, cabut Heatsink CPU(sudah penulis bersihkan sebelumnya), kebetulan Themal Pastenya sudah seperti kelihatan lenyap, penulis oleskan seukuran biji jagung, lalu oles pada CPU hingga merata, pasang Heatsink lagi, penulis coba boot up, suhu turun menjadi 40-47 C', saat mencoba untuk boot ke Windows, masih tetap restart sendiri (Bahkan belum sempet masuk Windows pun ke-restart) (Masalah belum terselesaikan)

4) Virus

Penulis tidak bisa melakukan scanning diakibatkan masalah yang masih terus berlanjut, (begitu juga melakukannya di Safe Mode) scanning membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga mengundang "Restart otomatis" datang. (Masalah belum terselesaikan)

5) Daya Listrik dirumah menurun

Penulis mengecek komputer hidup pada saat siang hari (sekitar jam 1 siang) belum sampai sore (jam 2), sudah terestart sendiri. Lalu mencoba lagi pada sore hari, dimulai dari jam 4 sore dinyalakan, restart secara terus menerus (mencoba 6 kali pada sore hari alhasil gagal), jadi penulis tidak melihat kalau Daya listrik dirumah adalah penyebabnya (mengingat ada banyak barang elektronik nyala dengan semestinya ditempat penulis yang mana dayanya lebih besar daripada komputer penulis). (Masalah belum terselesaikan)
 

6)Hardisk

disebutkan bahwa komponen CPU ini lah yang menyebabkan komputer sering restart, seperti perputaran HDD menjadi rendah (dibawah 2000 RPM), tetapi, lagi-lagi, penulis melakukan cek perputaran HDD melalui BIOS, 2300-2800 RPM saya rasa normal (kecuali pada saat kalian menjalankan program berat, mungkin RPM akan naik), penulis merasa ada yang janggal, tetapi pernah berpikiran untuk mencabut HDD, tetapi, malas untuk mencabutnya dan mengeceknya secara fisik, lalu penulis tinggalkan saja Step ini. (Masalah belum terselesaikan)

7) Melakukan test sebelum tindak lanjut pada pergantian hardware (Sebenarnya tidak ingin).

Penulis melakukan test pada 3 hal, diantaranya:

  1. Lakukan test melalui Safe Mode biasa, penulis sudah melakukan hal ini 6 kali, 2 kali diantaranya sukses saat penulis mendiamkan komputer dalam keadaan safe mode dalam 5 Jam lalu mematikannya dengan normal, 4 kali pada saat komputer idle/tidak melakukan apa-apa, restart sendiri belum sampai 40 menit bahkan 1 jam.
  2. Test pada menu BIOS dilakukan, penulis melakukan test pada BIOS 3 Kali, semua test dilakukan dengan hasil komputer ter-restart sendiri pada masing-masing test.
  3. Test pada menu recovery,menu recovery adalah menu-menu yang berisi pengembalian setting windows saat komputer/windows mengalami masalah, tetapi, pada saat penulis masuk pada menu ini, tetap mengalami restart, sudah 4 kali melakukan ini, alhasil semua tetap ter-restart.
Hasilnya? (Masalah belum terselesaikan)

8) Automatically Restart "Enabled"

Penulis merasa pasti ada yang janggal pada setingan konfigurasi Windows, khususnya fitur "Automatically Restart" pada "Advanced System Settings", untuk menuju kesini

  • Klik kanan My Computer, pilih properties



  • Lalu klik "Advanced system settings">pilhh tab "Advanced">pada bagian Startup and Recovery, klik "Settings..."






  • Disinilah konfigurasi otomatis restart berada, saya jelaskan sedikit mengenai fitur automatically restart ini,
Automatically Restart adalah fitur windows yang berfungsi pada saat komputer bersistem operasi windows mengalami masalah, jika opsi ini diaktifkan maka saat komputer mengalami masalah fatal, windows akan restart sendiri dan membuat log pada event viewer, JIKA opsi "Write an event to the system log" diaktifkan juga. (berfungsi untuk mendiagnosa masalah secara lebih lanjut)



  • Pada step ini, penulis menyarankan untuk membiarkan opsi ini hidup, karena "Write an event to the system log" memberi pencerahan pada penulis, mungkin masalah penulis sudah dibuat lognya pada event viewer.

Pada step ini, masalah memang belum terselesaikan, dan untuk sampai pada tahap ini, dibutuhkan keberuntungan, 2 kali otomatis restart dilalui, pada 30 detik kemudian mengambil Screenshot ini, komputer restart secara sendirinya lagi. (Masalah segera terselesaikan)

9) Cek Event Viewer

Saya yakin semua komputer didunia ini memiliki konfigurasi seperti yang diatas, untuk mengetahui masalah seperti apa yang sedang dihadapi, Event Viewer adalah sumbernya. Pada jendela ini, masalah fatal (termasuk restart sendiri) akan ke log dan dibuat laporannya pada bagian ini. Penulis mendapatkan akibat dari masalah yang dihadapi, sebelumnya?, untuk bisa ke Event Viewer, ikuti instruksi dibawah :

  • Pada kotak search, ketik "Event Viewer" dan pilih "Event Viewer"

  • Lalu pada panel kiri, pilih "Windows Logs" > "System" (Kejadian yang berhubungan dengan fenomena fatal, windows error, termasuk masalah restart sendiri, akan di log ke system)
  • Dan log seperti inilah yang saya dapat
Jika error kalian sama persis seperti diatas,  maka yang kalian lakukan adalah "lakukan" cara penulis (cara ini melakukan kontak langsung dengan hardware dan pastikan semua listrik yang berhubungan dengan PC diputuskan). Sebelum melakukan itu, penulis akan memberitahu penyebab kalian mendapat laporan seperti ini :

Laporan tipe ini akan dibuat jika kalian mematikan komputernya tidak sesuai prosedur, seperti mematikannya secara paksa, seperti pada saat komputer sudah mulai shutdown > Layar mati > CPU masih menyala > langsung dimatikan paksa lewat power button, cabut stop kontaknya, atau mematikan power switch langsung. (Penulis pernah melakukan hal diatas, setelah beberapa menit kemudian, terjadilah kejadian restart sendiri, terus menerus)

Seperti itulah kejadiannya, untuk menyelesaikan masalah ini, kunjungi link berikut ini (terima kasih kepada it-newbie.com atas artikel Tips Ampuh Cara Mereset Bios Motherboard) atau cari di google dengan kata kunci "Reset BIOS" (Pastikan settingan waktu BIOS sudah benar dan sesuai dengan waktu di Indonesia), Cabut RAM lalu pasang lagi ke posisi semula, Cabut VGA lalu penulis bersihkan, dan penulis melakukan bersih-bersih secara menyeluruh. Setelah melakukan cara tersebut, boot up komputer, test komputer dengan membiarkan komputer idle selama beberapa saat (penulis diamkan sampai 3-5 jam ditambah 4 jam pemakaian).

Dengan komputer kembali normal, mudah2an, penulis bisa terus berbagi pengalaman dan informasi terkini agar kalian bisa terus mendapatkan info tentang game dan komputer (mungkin perpaduan diantara keduanya). Oh! jika diantara kalian mempunyai masalah persis diatas dan sudah melakukan cara diatas? beritahu penulis hasil kerja keras kalian! penulis sangat menghargai itu, jika ada pertanyaan? kolom komentar tersedia bagi kalian. dan Terakhir:

jangan matikan komputer secara paksa (Masalah terselesaikan)

~R



UPDATE 1: Link ini akan memberitahukan lebih lanjut tentang masalah ini (Mesin bahasa pada link ini tidak terlalu lancar dari segi kosakata, jadi butuh pemahaman tingkat profesional untuk memahaminya) Website Resmi Microsoft mengenai masalah ini.



UPDATE 2: Bagaimana kalau Write an event to the system log diaktifkan lalu automatically restart tidak diaktifkan? (atau bahkan sebaliknya): Kalau statement pertama Write an event to the system log diaktifkan lalu automatically restart tidak diaktifkan? membuat windows harus menampilkan BSOD secara tiba-tiba (atau untuk masalah ini tidak tampil BSOD) dan harus merestartnya secara manual (Versi windows 7 kebawah) atau otomatis restart (windows 8 keatas) dan ada pesan error yang ditampilkan (Pesan error ini berguna untuk penulis dalam mendiagnosa masalah dan mencarinya diinternet, seperti : event id 41) saat kejadian ini terjadi, akan di Log ke Event Viewer. Kalau sebaliknya, berarti Windows akan otomatis restart dan tidak membuat laporan (log) pada event viewer, (termasuk problem kerestart sendiri tidak akan di log).

UPDATE 3 (09/10/2016): Penulis sempat mengira kalau RAM penulis rusak, tetapi tidak, Motherboard bisa menjadi penyebabnya. Motherboard bisa dikatakan menjadi penyebabnya jika: Lampu Led CPU dan HDD tidak menyala dan tidak bisa booting, untuk rekomendasi motherboard, akan dibahas dilain waktu

No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.