Header Ads

Ayo Main Dota 2 (Game MOBA Yang Membuat Pemain Adiktif)



     Ada yang ingin mencoba bagaimana rasanya memainkan game yang memiliki unsur2 teamwork? ya, teamwork. artinya kerjasama team untuk menghancurkan suatu bangunan/objek vital yang musuh lindungi, coba yang satu ini, Dota 2, game ini bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), dirilis pada bulan juli 2013 untuk platform Windows, dan 18 July untuk OS X & Linux, dan adalah game Free-to-Play yang ditawarkan Steam. Game dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena - semacam ‘gabungan’ antara genre Real-time Strategy dan Action) ini dimainkan oleh lebih dari jutaan gamer PC, mulai dari gamer casual hingga ke gamer profesional. Game ini ada juga kompetisinya, kompetisi game Dota 2 pada tingkat tertingginya, yang dinamakan The International, bahkan tercatat sebagai kompetisi game dengan hadiah luar biasa besar, lebih dari USD 1 juta, dan game ini masuk kategori free-to-play di Steam alias gratis.

     Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggota 5 orang pemain, Radiant team dan Dire Team,  setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Di mana tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item di Side Shop, Secret Shop atau di Markas dan melawan tim lawan. (Wikipedia)

File:Labelled Map.png

    Penulis akan menjelaskan lebih detail mengenai permainan ini, 2 tim berisikan masing-masing 5 pemain, tim sebelah kiri disebut "Radiant" dan tim sebelah kanan disebut "Dire, dimana keduanya memiliki markas utama yang disebut Ancient dan tim pertama yang berhasil menghancurkan Ancient lawan adalah pemenangnya. Terdapat 3 jalan atau jalur (disebut ‘lanes’) yang menghubungkan kedua Ancient tersebut dan pasukan (‘creeps’) yang spawn atau muncul secara berkala setiap 30 detik di jalur-jalur tersebut, Setiap 'lanes' memiliki 3 menara yang akan menyerang hero atau creeps didekatnya (disebut 'tower'). Pada tower terakhir terdapat 2 barracks yaitu melee barracks dan ranged barracks. Apabila melee barracks atau ranged barracks hancur, Maka creeps musuh akan bertambah kuat (disebut 'super melee creeps atau super ranged creeps), bertarung dengan ‘creeps’ lawan di sepanjang pertempuran menuju Ancient lawan. 
  
     Selain creeps yang ada di lane, untuk menambah EXP dengan tujuan meningkatkan level serta mengumpulkan gold, sebagian pemain juga dapat melakukan 'farming' ataupun 'creeping' dihutan dengan membunuh natural creeps ataupun ancient creeps dimap yang tak terjangkau (area abu abu, tanda segitiga dimap).


     Ada item yang fungsinya adalah memperoleh kesempatan hidup satu kali lagi setelah terbunuh, dengan mengunakan Aegis Immortal, cara memperolehnya yaitu harus bisa mengalahkan Roshan, monster hutan yang berada di jalur sungai (lihat gambar diatas) yang memiliki armor yang sangat kuat dan spell yang mengerikan, penulis menyarankan untuk selalu bekerja sama jika ingin mendapatkan Aegis Immortal di early game

     Dijalur sungai juga terdapat rune (seperti double damage, haste, bounty, invisible dan arcane), yang muncul secara berkala setiap 2 menit (lihat peta diatas)

     Masing-masing pemain dapat mengendalikan sebuah karakter yang disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat lebih dari 100 Hero dengan type yang berbeda : Strength, Agility dan Intelligence. Setiap Hero memiliki 4 skill (beberapa memiliki lebih dari 4) aktif (me-manage skill yang kita punya/manual) maupun pasif (tidak perlu memanagenya, karena passive, skill yang bersifat selalu aktif). Dengan membunuh creeps, menaikkan level, membeli item dan disinilah otak kita bermain, membuat keputusan strategi agar lawan kalah.





Catatan, Pada saat di main menu, game ini menyajikan tutorial yang interaktif, kalian bisa klik diantara pilihan yang tersedia pada gambar dibawah ini, pada menu "LEARN"



  • MECHANICS : Jika kalian baru pertama kali memainkan game ini, khusus untuk para pemula, kalian akan belajar seluruh aspek dari game ini mulai dari menggerakan karakter, apa itu farming?, lanes?, dan sebagainya, sampai kalian diarahkan untuk menuju ancients lawan untuk dihancurkan, penulis menyarankan tutorial ini agar kalian bisa bermain secara efektif
  • GUIDED BOT MATCHES : Kalian akan belajar menggunakan hero yang berbeda jenis, Strength, Agility, dan Intelligence , dan juga item seperti apa yang harus dibeli, dan bagaimana cara memakai hero yang beda cara menyerangnya? dan juga selama permainan, kalian akan menerima pop-up yang menunjukan kalau kalian harus menghabiskan uangnya sebelum kalian terbunuh dan membuat musuh menjadi kuat, dan sebagainya, semua bervariasi, biasakanlah untuk mengikuti petunjuk yang tampil.
  • BOT MATCHES : Melawan Bot menurut tingkat kesulitan yang ada, Easy Bots (Belajar Hero baru atau tingkat mudah), Medium Bots (Bermain dengan gaya santai), Hard Bots (Kemungkinan alur bermain menjadi agak cepat dan Bots ini mulai menunjukan jati dirinya), dan Insane Bots (Sesuai deskripsinya, "hurt yourself")

Oh, untuk bisa menjalankan game ini dibutuhkan minimum spesifikasi berikut ini:
  • OS: Windows 7 (Penulis memainkannya di Windows 10, lancar)
  • Processor: Dual core Intel atau AMD 2.8 GHz
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: NVidia GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600
  • DirectX: Version 9.0c
  • Network: Broadband Internet Connection (Koneksi internet cepat dibutuhkan disini)
  • Hard Drive: 8 GB Harus ada atau lebih
  • Sound Card: Kompatibel DirectX

Jika kalian selalu bermain mode Online Multiplayer, bisa share ID Steam kalian dikolom komentar, mungkin seseorang akan mengajak kalian untuk melakukan party dan bermain bersama (sangat seru jika bermain bersama orang yang kita kenal atau dengan orang lain)


Kunjungi link ini untuk mendapatkan gamenya!

~R~

1 comment:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.