Header Ads

Panduan Untuk Pemula: Mengenal Lebih Dekat Card Deck System Paladins


Perbandingan antara Paladins dengan Overwatch memang tidak ada habis-habisnya. Paladins adalah game berbasis Team Shooter dengan karakternya yang unik; Overwatch adalah game berbasis Team Shooter dengan karakternya yang unik. Paladins menyuruh kalian untuk menyelesaikan misi berbasis objective; Overwatch menyuruh kalian untuk menyelesaikan misi berbasis objective, Kalian bisa pikir sendiri. Karena perbedaan tersebut, tidak seharusnya kedua persamaan itu harus bersatu. Paladins dan Overwatch bukan game yang sama. Ada beberapa system didalam permainan yang memang membuatnya beda. Seperti Paladins punya kuda, dan semua karakter bisa menaikinya, bahkan Naga juga bisa naik kuda.

Paladins mempunyai 17 Hero, masing-masing mempunyai kemampuan (ability) tersendiri. Ruckus, makhluk goblin kecil yang mengoperasikan baju robot mekaniknya. Fernando adalah Ksatria yang tugasnya adalah melindungi. Kinessa, tukang menembak jarak jauh yang bisa mengeluarkan damage besar dengan snipernya, dan seterusnya. Kalau dipikir-pikir masing-masing karakter mempunyai kemampuan dan tugasnya, tidak mudah untuk bisa langsung memainkan karakter Paladins dengan karakter yang mempunyai masing-masing tugas/role (seperti damage, frontline, support, flank.)

Sistem Card Deck Paladins adalah hal yang paling menonjol di game ini, membiarkan playernya untuk menyusun sendiri model karakter yang kalian inginkan, tidak semua karakter bisa melakukan tugas apapun. Beberapa ada yang jago bokong (seperti hero flank) dan juga membantu pemain dan teman bertahan hidup (seperti Support) kalau susunan cardnya memadai dan efisien.


Deck-building

Untuk yang main paladins tugasnya hanya menembak-nembak dan melakukan push pada kereta payload?, beruntunglah kalian bisa melakukannya dengan pro, tapi secara tidak sadar, itu bisa dilakukan semua karena adanya kartu deck ini, dan susunannya sudah diatur dari sananya. nah, disini kreativitas kita dimainkan, kalian coba utak-atik card decknya yang sesuai dan agar mainnya enak.

Card ini bisa disusun pada masing-masing karakter, jadi, jika kalian misalnya sering memainkan Cassie? susun card deck sebaik mungkin agar Cassie bisa melakukan kemampuan dengan bagus dan skillnya bagus, beda karakter, beda susunannya pula, jadi saat kalian menyusun, pastikan manfaatkan otak kalian untuk cari-cari bagaimana agar karakter enak dimainkannya. Maximal card deck yang bisa disusun 5 buah, dan diberi point untuk menaikan level card deck masing-masing, maximal diberi 12 Point, jadi manfaatkan mana yang harus direndahkan levelnya, mana yang harus ditinggiin levelnya.

Beberapa card ada yang mahal, artinya card itu cukup kuat untuk karakter tersebut dan sangat penting untuk ditambahkan ke susunan card karakter. Sisanya semua adalah passive, artinya kalian hanya diberi semacam buff atau efek yang sudah ada pada karakter dan kalian tidak perlu menekan apapun.



Kalian bisa membuat susunan card lebih dari satu, maksimal 6 susunan card yang bisa kalian buat, penulis menyarankan kalian untuk membuat susunan card untuk situasi yang berbeda, mari beranggapan bahwa kalian ingin main sebagai karakter Ying, si tukang Healer. Dia memang bukan hero yang damagenya besar, tapi kalian bisa atur susunan cardnya dari segi buff damage yang Ying bisa. Jadi tugas kalian kalau mau main sebagai Ying, adalah isi darah teman, jika puas dengan card yang ada, kalian bisa melangkah ke susunan card yang bisa menambah damage jika memang dibutuhkan.

Misal Skye, adalah karakter Flank yang mantap, kalian harus bisa menyusun cardnya supaya mantap dimainkannya, misalnya ingin karakter Skye yang sangat cepat? Skye yang bisa menghindari pertempuran? Skye yang ingin kerjaannya nge-kill dari belakang? (atau langsung menuju ke Capture point kalau memang jago), kalian harus memprioritaskan card yang berbau "speed" alias kecepatan. Ingin menyesuaikan karakter untuk bisa bersembunyi lebih lama? naikan level card stealth modes - atau card yang bisa menyeimbangkan antara Hidden dengan Smoke Screen (atau naikan level paling tinggi salah satu).



Atau Fernando? Tanker Frontline--bisa ditugaskan untuk berbagai macam strategi, tergantung dari gaya bermain tim kalian dan cara main kalian. Tetapi coba untuk menaikan card yang berbau shield/tameng kalau ingin shieldnya kuat, tapi kalau sudah hancur shieldnya, Fernando lemah dan tidak akan bertahan lama di game jika diserang terus menerus secara keroyokan,  tapi Fernando juga berguna untuk kill lawan yang darahnya kecil, coba untuk menaikan level card cooldown skill agar skill bisa dipakai dengan cepat dan tanpa menunggu waktu yang lama.

Penulis menyarankan baca semua cardnya. Utak-atik cardnya dan susun, lalu lihat mana yang lebih nyaman dan sesuai dengan situasi pada permainan yang dirasa kuat. Tapi perlu diingatkan, jika kalian asal-asalan alias buruk dalam menyusun card deck, sudah dipastikan kalian akan "cacad" dari awal game, TAPI, dengan susunan card yang buruk, ada juga salah satu peran kalian yang secara tak sadar bisa memenangkan tim.

Burn cards

Burn Cards (atau item, penulis biasa menyebutnya item) adalah card yang bisa dibeli disetiap awal permainan, menggunakan "Credits". Kalian bisa menggunakan Cards ini untuk menambah efek signifikan dari karakter. Semua player mendapat Burn Cards yang sama, Burn Cards dikelompokan menjadi 4 tipe, tergantung dari segi kebutuhan, ada attack, defense, healing, dan utility.

Misalkan kalian tidak punya skill, tidak punya healer di tim kalian, atau lebih parahnya, punya healer di tim tapi gak menjalankan tugasnya?. Ada Burn cards yang namanya "Kill to Heal", yang mana kalian akan dapat darah saat kalian nge-kill. Atau mungkin misalkan kalian memilih skye dan memprioritaskan karakter kalian ke segi kecepatan, Skye karakter cepat yang sangat lincah, coba untuk memilih cards yang bernama "Nimble", burn cards yang efeknya memberi tambahan kecepatan gerak (movement speed). Atau mungkin ada Skye yang super menyebalkan di tim lawan--seseorang yang susunan cardnya sangat mematikan!. Disaat seperti itu, kalian bisa pilih card defense yang namanya "Illuminate", bisa melihat musuh yang tak terlihat dengan jarak penglihatan tertentu (seperti skye).

Jika ingin beli card lagi?, jatuhnya adalah upgrade card. Semakin tinggi level card yang diupgrade, semakin mantap efek dari cardnya. Karena kalian hanya bisa membeli satu card pada masing-masing tipe card,  jadi pilihlah baik-baik, bagaimana pun juga, kalian hanya bisa memilih satu card per-tipe, saat ingin mengupgrade, memang membutuhkan waktu karena menunggu Credits cukup untuk meng-upgrade, setelah itu upgrade card untuk type yang sama dan card yang sama 3 kali, saatnya upgrade card untuk tipe lainnya, dan jika memang kalian ingin melakukannya, tidak usah juga tak apa-apa.


Sekarang main layaknya pro

Mulai dari sini, kalian sudah mempelajari hal yang biasa ada game berbasis teamwork (ehem). Bermain sebagai support!, Tank juga. Kalian tidak harus bermain sebagai hero damage!, Turuti gamenya---saat lawan sekitar takut dengan skill ulti kalian (skill terkuat), mereka akan mendengar dan memperhatikan. Seperti Skye, dia punya skill ulti paling mematikan, mengeluarkan bomb yang damagenya sangat besar dan area ledakan yang luas. Skye akan membiarkan kalian tahu bahwa dia meletakan bomb, seperti "Time's ticking!.. tit tit tit tit tit", Jadi saat kalian mendengar itu, buru-buru jauh dari area tersebut.

Tembak apapun. Lihat sesuatu dibawah? (Kinessa mengeluarkan bomb injak yang mana mengeluarkan damage dan bikin lambat pergerakan). Tembak bomb injaknya! Kalian diberi peluru gak habis-habis, jadi kalian tidak merasa kehilangan atau menghabiskan sesuatu (Bersyukurlah).

No comments:

Komentar atau Bertanya? Tulis dikotak ini! Kami sangat menghargai apa yang kalian ketik!

Powered by Blogger.